☑︎ Panduan ini telah diperbarui pada Maret 2020.

Saat ini, Surfshark adalah salah satu layanan Virtual Private Network (VPN) dengan perkembangan tercepat di dunia.

Jadi, kalau kamu membaca ini, kamu pasti bertanya-tanya: Apakah Surfshark adalah layanan kecil lain yang sombong di lautan digital – atau adalah predator puncak yang setara dengan harganya?

Kami senang kamu bertanya.

Dalam review mendalam ini, kami tidak akan membuang-buang waktumu dengan menjelaskan antarmuka pengguna Surfshark atau menunjukkan screenshot aplikasi selulernya.

Tapi, analisis kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terpenting tentang VPN ini, termasuk:

  • 🦈Apakah Surfshark berbeda dari VPN lainnya?
  • πŸ”’Seberapa aman data pribadimu dengan Surfshark?
  • πŸ„Seberapa bagus (cepat) server-servernya?
  • πŸ’°Apa penawaran terbaik yang bisa kamu dapatkan di Surfshark?

Oh, untuk yang terakhir – di akhir review, kami memberikan panduan langkah demi langkah untuk mendapatkan harga terbaik untuk langganan Surfshark (kalau kamu memutuskan untuk membelinya).

Tapi, pertama-tama ayo kita lihat apakah Surfshark layak dibeli atau tidak:

Apa Beda Surfshark dari VPN Lain?

Kebanyakan VPN saat ini menawarkan antarmuka yang bagus, bisa dibayar dengan cryptocurrency, dan memiliki ratusan server di seluruh dunia.

Surfshark pun tidak berbeda.

Jadi, untuk membantumu mengambil keputusan yang baik, kami sudah membuat daftar fitur paling menonjol dari Surfshark – keuntungan-keuntungan kompetitifnya:

  • Harga super rendah: Meskipun paket 1 bulannya sedikit lebih mahal dari VPN besar lainnya, paket 2 tahun Surfshark menawarkan diskon 80+ sehingga tak terkalahkan.
  • Perangkat tak terbatas: Berbeda dengan banyak VPN lainnya, layanan Surfshark bisa dipakai secara bersamaan di perangkat tak terbatas, bukan 5 atau 7.
  • Warrant canary: Surfshark adalah satu dari sedikit VPN yang menampilkan halaman yang menyatakan bahwa mereka belum menerima surat keamanan atau perintah pengungkapan resmi.

Yang terakhir adalah keuntungan kecil yang menarik. Warrant canary dibuat karena di beberapa negara (terutama Amerika Serikat), perusahaan tidak boleh secara terbuka membicarakan perintah pengungkapan apa pun yang mereka terima dari pemerintah.

Untuk menanggapinya, beberapa perusahaan yang lebih cerdas menampilkan pernyataan publik bahwa mereka BELUM menerima perintah seperti itu – hal ini tidak dilarang secara tegas.

Dengan kata lain, kalau kamu melihat nol di halaman warrant canary Surfshark, kamu tidak perlu khawatir pemerintah ikut campur dalam operasi mereka.

Clever!

Selagi membahas keamanan, ayo kita gali lebih dalam dan lihat apakah kita bisa memercayai Surfshark untuk melindungi data pribadi kita:

Keamanan dan Privasi di Surfshark

Surfshark sepertinya memperlakukan keamanan penggunanya dengan serius. Ini terlihat dari sejumlah fitur yang mereka terapkan:

  • Fitur MultiHop untuk menyembunyikan IP-mu dengan lebih baik – koneksimu ditangani oleh serangkaian server VPN, menyingkirkan jejak digital apa pun.
  • Mode Camouflage untuk memastikan penyedia layanan internetmu (ISP) tidak tahu kalau kamu menggunakan VPN.
  • Kill switch yang secara otomatis mematikan internet jika koneksi internetmu terganggu. Ini memastikan data pribadimu tidak pernah terungkap.

Ngomong-ngomong, tidak usah terlalu memperhatikan saat VPN mengiklankan standar enkripsi mereka di website:

Hampir semua sistem yang serius kini menggunakan AES-256-GCM cipher (256-bit Advanced Encryption Standard dengan Mode Galois/Counter) – jadi, itu bukan masalah besar untuk VPN bagus πŸ’ͺ

Malahan, lebih penting menelusuri sisi-sisi tersembunyi dari Kebijakan Privasi VPN – di sinilah kamu bisa mencari informasi tentang cara mereka sebenarnya memperlakukan datamu.

Atau sebenarnya, kamu tidak perlu membacanya –

Karena kami sudah memeriksa Kebijakan Privasi Surfshark dengan teliti, dan inilah intinya:

  • Bagian 1 jelas merupakan bagian terpenting karena membahas tentang pengumpulan data. Singkatnya, alamat IP aslimu dan informasi pengidentifikasi pribadi lainnya tidak pernah disimpan oleh Surfshark.
  • Tidak perlu verifikasi identitas apa pun untuk bisa membuat akun di Surfshark – kamu hanya perlu alamat email. Layanan email anonim seperti ProtonMail juga diizinkan kalau kamu memang khawatir dengan identitasmu.
  • Berdasarkan bagian 10, praktik kebijakan Surfshark mengikuti hukum Kepulauan Virgin Britania, yurisdiksi yang terkenal sangat peduli dengan kerahasiaan.

Bagian yang terpenting adalah Surfshark mempertahankan kebijakan tanpa log yang ketat. Artinya, mereka tidak menyimpan informasi tentang caramu menjelajah web menggunakan layanan mereka.

Ini termasuk alamat IP, pengidentifikasi koneksi, riwayat browsing, dan lainnya. Dengan kata lain – apa saja yang bisa melacak identitasmu.

Bahkan meskipun Surfshark dipaksa untuk mengungkap informasi apa pun oleh pemerintah Kepulauan Virgin Britania (yang hampir tidak mungkin), mereka tidak akan bisa mengungkap banyak hal karena mereka tidak mencatat traffic klien.

Jadi, privasi: ✔

Bagaimana dengan performa?

Kecepatan dan Lokasi

Menurut website mereka, Surfshark mengoperasikan 1000+ server di lebih dari 60 negara. Perlu diperhatikan bahwa meskipun semua server ini bersifat fisik, beberapa lokasinya virtual –

Misalnya, kalau kamu ingin terhubung via Albania atau Cile, kamu akan mendapatkan IP lokal. Tapi, server sebenarnya yang menangani koneksimu mungkin ada di Jerman atau Kolombia.

Ini tidak memengaruhi kecepatan atau privasimu, tapi kamu mungkin akan melihat konten online dalam bahasa asing saat menggunakan lokasi virtual seperti itu.

Meski wajar untuk sebuah VPN modern menawarkan ribuan server di banyak negara, kami masih harus menyelidiki apakah Surfshark sesuai dengan standar.

Jadi, bagaimana kecepatannya?

Untuk menjawab pertanyaan yang kelihatannya mudah ini, kita tidak boleh hanya menyalakan VPN dan menjalankan tes kecepatan di lokasi acak.

Saat menguji konektivitas VPN, kami mengukur kecepatan dari semua lokasi yang ditawarkan, menggunakan 2 sarana berbeda setiap saat (SpeedTest dan Fast.com), hingga 5 kali percobaan masing-masing.

Kecepatan koneksi dasar kami (tanpa VPN) adalah rata-rata 50 Mb/s menggunakan SpeedTest dan 40 Mb/s menggunakan Fast.com.

Inilah hasil pilihan dari beberapa lokasi populer menggunakan Surfshark:

Surfshark speed

Berdasarkan hasil tes kami, kecepatan koneksinya di seluruh dunia rata-rata sekitar 30 Mb/s untuk SpeedTest dan 20 Mb/S untuk Fast.com – yang merupakan hasil bagus untuk VPN besar.

Di banyak lokasi besar, kecepatan Surfshark mendekati batas maksimum kami (tanpa VPN), hingga kami tidak terlalu tahu bedanya, bahkan saat menggunakan software tes khusus.

Ingatlah bahwa kecepatan spesifikmu akan beragam, berdasarkan banyak parameter, termasuk lokasi, penyedia internet, dan hari serta waktu koneksi –

Apa pun itu, tes seperti ini tetap memberikan perkiraan kasar dan kemungkinan untuk membandingkan beberapa lokasi πŸ“‹

Selanjutnya: Seberapa bagus Surfshark dalam melewati batasan internet berdasarkan lokasi?

Membuka Blokir dan Streaming

Selain serangkaian tes kecepatan yang ekstensif, kami juga memeriksa secara manual apakah VPN ini bisa membantu kita mengakses layanan streaming populer seperti Netflix dari setiap lokasi servernya.

Tes kami menunjukkan bahwa, setelah filter ketat yang diterapkan Netflix sejak Januari 2020, layanan streaming ini dapat diakses melalui banyak lokasi besar Surfshark, termasuk AS, UK, Singapura, dan Uni Eropa:

Surfshark + Netflix

Di banyak lokasi lainnya via VPN Surfshark, kamu bisa membuka aplikasi atau website Netflix, tapi tidak bisa streaming konten video dengan lancar.

Tapi, dalam banyak kasus, kamu hanya perlu Netflix versi AS karena katalognya menawarkan pilihan film dan serial TV terlengkap.

***

Untuk negara yang menerapkan batasan internet (khususnya Cina, juga tempat-tempat seperti Turki, Rusia, dan Singapura), Surfshark punya beberapa strategi:

  • Mode No Borders, tersedia di pengaturan aplikasi. Kegunaannya adalah mengaktifkan secara otomatis daftar server spesial yang didesain khusus untuk beroperasi di bawah batasan pemerintah.
  • Antarmuka OpenVPN (Windows) atau IKEv2 (MacOS) yang memungkinkan kamu terhubung via server-server Surfshark di negara-negara dengan batasan internet.
  • Protokol Shadowsocks untuk melewati blokir Tembok Api Besar Cina. Shadowsocks adalah proxy sehingga tidak mengenkripsi traffic – tapi kalau kamu hanya butuh mengakses konten, ini adalah pilihan bagus di kala yang lain gagal.

Secara keseluruhan, kita tidak mungkin bisa memprediksi apakah VPN bisa digunakan di semua lokasi di negara seperti Cina – meskipun bisa digunakan di kota tertentu. Meski begitu, Surfshark menawarkan serangkaian sarana khusus untuk memaksimalkan peluang keberhasilanmu.

Yang jelas, kami menyarankan kamu untuk memanfaatkan semua pilihan di atas sebelum pergi ke Cina, karena bahkan website resmi banyak penyedia VPN diblokir secara rutin di Kerajaan Tengah ini.

***

Oke, sekarang kita sudah memastikan bahwa Surfshark lolos semua tes untuk kecepatan, keamanan, privasi, dan keandalan. Faktor terakhir yang harus dipertimbangkan adalah uang:

Harga dan Refund

Meskipun Surfshark sepertinya bekerja keras untuk memberikan semua fitur yang penting untuk layanan VPN, strategi terbesarnya dalam permainan ini adalah harganya.

Bagaimana kami bisa tahu?

Mudah – kami selalu mengamati biaya VPN di pasaran. Gambar bisa bercerita lebih banyak daripada kata. Jadi, inilah grafik kecil yang sudah kami buat untuk menunjukkan harga paket termurah untuk banyak layanan VPN terpopuler:

Surfshark pricing

Kita bisa lihat bahwa Surfshark β€œmenelan bulat-bulat kompetitor lain” masalah harga…

Surfshark bahkan mengalahkan kompetitor yang menawarkan paket 3 tahun, padahal penawaran termurahnya adalah paket 2 tahun. Artinya, kamu bisa membayar lebih murah per bulannya.

Nah, saat ini kamu mungkin bertanya-tanya:

Apa masuk akal membeli paket 2 atau 3 tahun untuk layanan yang belum pernah saya coba?!

Pertanyaanmu masuk akal. Sayangnya, VPN biasanya tidak menawarkan uji coba gratis – tapi, kita masih bisa mencoba layanan seperti Surfshark tanpa risiko.

Ini dia cara menggunakan jaminan 30 hari uang kembali Surfshark:

  1. Masuk ke akunmu di website resmi Surfshark dan klik tombol chat biru di pojok kanan bawah.
  2. Ketik apa saja dan tekan β€œEnter” – kamu akan lihat beberapa saran dari basis pengetahuan mereka dan tombol β€œLive chat”. Klik tombol itu.
  3. Tulis pesan ke tim dukungan dan mintalah mereka membatalkan akunmu dengan jaminan 30 hari uang kembali.

(dan ya, kami berhasil mendapatkan refund penuh untuk akun yang dibatalkan sebagai bagian dari tes kami)

Meskipun kamu tidak memberikan alasan spesifik untuk meninggalkan Surfshark, perwakilan tim dukungan mereka akan membujukmu untuk tidak pergi – itu pekerjaan mereka πŸ¦Έβ€β™€

Katakan saja kalau kamu ingin menutup akun dan meminta refund – dan asalkan belum lebih dari sebulan, tim dukungan akan mengabulkan permintaanmu.

Tunggu 5-7 hari kerja hingga uangmu masuk ke rekening. Selesai!

Berdasarkan hasil tes kami di Surfshark, hampir tidak mungkin kamu menggunakan jaminan uang kembalinya – tapi, tidak ada salahnya kalau kamu punya pilihan ini, kan?

Ngomong-ngomong, ini trik kecil untuk kamu yang memutuskan untuk mencoba Surfshark.

BONUS: Kupon Surfshark

Tahukah kamu kalau kamu bisa mendapatkan tawaran yang lebih menarik di Surfshark dengan kode khusus?

Ingat waktu kami berkata sebelumnya bahwa paket 2 tahun Surfshark lebih murah dari paket 3 tahun layanan VPN lainnya?

Yah, tidak banyak yang tahu kalau Surfshark juga punya paket 3 tahun. Dan ya, paket ini bahkan jauh lebih murah!

Ikuti langkah-langkah ini untuk mendapatkannya:

  1. Untuk mulai, kunjungi halaman order resmi Surfshark dengan mengeklik tombol ini (link langsung akan terbuka di jendela baru):

    Dapatkan diskon % di Surfshark

  2. Tepat di bawah 3 pilihan harganya, klik tab hijau kecil yang bertuliskan β€œcoupon applied”.
  3. Kolom kupon akan terbuka dan menampilkan kupon yang aktif saat itu (kemungkinan besar diskon 83%). Hapus kolom kupon dan tempelkan kode ini:

    SHARK3Y
  4. Klik β€œApply”, dan kamu akan lihat perubahan tabel harganya: paket 24 bulan akan menjadi paket 36 bulan dengan harga lebih terjangkau.

Meskipun diskon ekstranya tidak terlalu besar, tapi diskon kecil lebih menyenangkan daripada tidak ada diskon, kan? πŸ’Έ

Oke, itu saja – waktunya kesimpulan akhir:

Kesimpulan Kami + Review Pengguna

Pelanggaran keamanan, agen berbahaya, filter konten regional, batasan pemerintah, iklan tertarget berdasarkan informasi pribadimu…

Apakah Surfshark VPN kawan yang tepercaya untuk berselancar di air yang berlumpur di dunia internet modern?

Berdasarkan penelitian kami dalam panduan ini, Surfshark memang adalah layanan VPN berkualitas tinggi, yang setara dengan alternatif lainnya:

  • Keamanan tingkat tinggi menggunakan teknologi dan sarana enkripsi terbaru, seperti mode MultiHop dan Camouflage.
  • Perlindungan privasi berdasarkan kebijakan tanpa log yang ketat, didukung oleh lokasi perusahaan di Kepulauan Virgin Britania, yurisdiksi yang terkenal dengan aturannya tentang kerahasiaan.
  • Pilihan lokasi yang luas (60+) dengan kecepatan koneksi luar biasa untuk memastikan kamu puas saat browsing atau streaming via VPN.
  • Kemampuan membuka blokir yang cukup bagus untuk layanan streaming seperti Netflix dan wilayah lain yang punya batasan internet.

Tapi, itu belum semuanya:

– Yang terpenting, Surfshark menawarkan harga 2-3x lebih murah dari yang ditawarkan oleh VPN populer lain.

Kebijakan refund 30 hari kerja Surfshark (sudah kami verifikasi dengan akun sungguhan) menjadikan seluruh paketnya jauh lebih menarik, secara efektif menghilangkan segala risiko untuk mencoba Surfshark.

Kesimpulannya?

Surfshark menawarkan semua keuntungan dari VPN bagus dengan harga lebih terjangkau. Perbedaannya dengan VPN besar lainnya tidak terlalu jauh – jadi, kenapa harus bayar mahal kalau kamu bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah di Surfshark?

πŸ€·β€

(Kalau kamu memutuskan untuk mencoba Surfshark, pastikan untuk membaca instruksi langkah demi langkah kami untuk mendapatkan penawaran lebih bagus di bagian sebelumnya)

***

Masih punya pertanyaan tentang Surfshark? Atau mungkin kamu sudah mencoba VPN ini dan ingin berbagi pengalaman? Tuliskan reviewmu atau ayo diskusi di bawah ini!

Ayo diskusikan!