☑︎ Ulasan ini terakhir diperbarui pada: Juli 2021

Sejak didirikan pada tahun 2012, NordVPN telah berkembang menjadi layanan VPN terbesar di dunia – malahan, dua kali lebih populer dari brand kedua terbesar, seperti yang diilustrasikan oleh metrik minat pencarian global dari Google ini:

NordVPN interest

Pertumbuhan yang luar biasa ini telah menjadikan NordVPN pemimpin pasar. Tapi, apakah ini hasil dari kualitas dan keandalan sesungguhnya – atau hanya anggaran marketing yang besar?

Dengan kata lain: Haruskah kamu memilih NordVPN untuk meningkatkan keamanan dan privasi onlinemu?

Ayo kita cari tahu jawabannya!

Dalam ulasan mendalam ini, kami akan menganalisis NordVPN dari segala sudut untuk mencapai kesimpulan yang akurat. Kami akan membahas beberapa pertanyaan populer ini:

  • 🗻Apa perbedaan Nord dengan VPN lainnya?
  • 🔒Apa datamu benar-benar aman dengan NordVPN?
  • 🐌Apa NordVPN memperlambat koneksi internetmu?
  • 💸Jaminan 30 hari uang kembali – bagaimana cara kerjanya?
  • 🏆Haruskah kamu memilih NordVPN dibanding penyedia lainnya?

(dan kalau kamu memutuskan untuk mencoba NordVPN, kami menyertakan kode kupon di akhir artikel ini, yang memberimu diskon ekstra 5% untuk langganan 3 tahun)

…Tapi pertama-tama, ayo kita lihat apakah NordVPN benar-benar berbeda dari layanan VPN lainnya:

Fitur-Fitur Unik dari NordVPN

VPN (=Virtual Private Network atau Jaringan Pribadi Virtual) adalah sistem yang mengalihkan lalu lintas internet masuk dan keluarmu melalui koneksi terenkripsi yang disebut “tunnel”.

Ini membuat koneksimu jauh lebih aman dalam menghadapi para peretas yang ingin mencuri informasi sensitif, sekaligus meningkatkan privasimu dari semua orang yang ingin memata-matai – mulai dari pemerintah dan perusahaan besar hingga penyedia layanan internet.

Karena alamat emailmu disamarkan dalam prosesnya, sebagai “bonus” kamu juga akan mendapatkan akses ke konten apa pun di seluruh dunia, bahkan meskipun konten itu tidak tersedia di negaramu akibat hak cipta atau sensor negara 🚧

Hampir semua VPN yang bagus di pasaran menawarkan semua kelebihan di atas, di perangkat apa pun dari laptop hingga smartphone, TV, dan router – lalu, adakah yang spesial dari NordVPN?

Yah, sebenarnya banyak:

  • NordVPN sejauh ini memiliki jumlah server terbanyak (5000+ di 59 negara) dibandingkan dengan semua penyedia VPN lainnya – itu 1,5x lebih banyak dari jumlah server VPN terbesar kedua!

Artinya, ada pilihan lokasi yang hampir tak terbatas dan dijamin tidak akan ada server yang kelebihan beban akibat terlalu banyak koneksi bersamaan.

Inilah daftar semua negara dengan server NordVPN (setiap pin mewakili wilayah, bukan server tunggal):

NordVPN: countries

Kamu mungkin menyadari bahwa pilihan negara di NordVPN lebih sedikit dibandingkan dengan 150+ negara di VPN lain – itu karena Nord hanya menggunakan server fisik, berbeda dengan server virtual yang hanya meniru lokasi.

  • Kecepatan lebih tinggi dengan NordLynx, protokol VPN baru yang dikembangkan oleh NordVPN dengan basis teknologi open source Wireguard.

Di saat sebagian besar penyedia VPN menggunakan protokol yang sudah ada, NordVPN memutuskan untuk membuat versi kustom agar lebih sesuai dengan arsitektur jaringan spesifik mereka. Mengapa ini penting?

…koneksi yang lebih cepat:

NordLynx: speed

(diagram di atas menunjukkan distribusi kecepatan koneksi untuk NordLynx versus protokol VPN lain yang sering digunakan, berdasarkan 250.000 tes yang dilakukan oleh Nord)

  • Kebijakan tanpa log yang ketat dengan didukung oleh Hukum Perlindungan Data Panama dan diaudit secara rutin oleh cabang Zurich dari PWC.

Tefincom S.A., entitas perusahaan yang mengoperasikan NordVPN, terdaftar di Republik Panama dan terkenal dengan dukungannya terhadap anonimitas dan perlindungan data.

Bahkan apabila pihak ketiga berhasil memaksa Tefincom untuk menyerahkan data mereka (yang hampir tak mungkin terjadi), tidak banyak data yang tersedia, karena Nord tidak menyimpan log aktivitas klien di server mereka.

Selain itu, NordVPN punya trik kecil cerdas lainnya:

Di halaman “Tentang Kami”, mereka memublikasikan “warrant canary” – pernyataan yang mengonfirmasi bahwa mereka TIDAK menerima permintaan apa pun untuk mengungkapkan data pelanggan.

Mengapa ini penting? Jadi… banyak negara melarang perusahaan untuk menyampaikan kepada publik bahwa mereka menerima perintah pengungkapan data – tapi, tidak ada hukum yang secara tegas melarang perusahaan untuk menyampaikan bahwa mereka tidak menerima perintah itu dari siapa pun 😉

  • CyberSec memblokir website berbahaya dan mencegah peretas memaksa perangkatmu berpartisipasi dalam serangan terdistribusi.

Sistem CyberSec Nord yang unik seperti pemblokir iklan plus firewall tambahan yang ada dalam VPN – tanpa biaya tambahan.

Fitur ini membantumu menghindari situs-situs yang tidak aman, serta menikmati web bebas iklan (lebih cepat) tanpa perlu menginstal software tambahan.

  • NordVPN mendukung gerakan nonprofit seperti Amnesty International dan Internet Freedom Festival.

Ya, ini bukan fitur yang menguntungkanmu secara langsung – tapi, banyak orang merasa perlu tahu apakah brand yang mereka pilih untuk kebutuhan sehari-hari berkontribusi terhadap masyarakat, tidak sekadar mencari keuntungan.

Tanpa dukungan aktif Nord terhadap organisasi hak asasi manusia dan proyek cybersecurity, klaim mereka tentang “menghargai web yang bebas dan terbuka” akan terdengar palsu, ‘kan?

Bagaimana Cara Menggunakan NordVPN secara Efisien?

Selain pemahaman tentang kegunaan VPN dan perbedaan Nord dengan penyedia lainnya, kamu juga perlu tahu cara menggunakannya semaksimal mungkin dalam kehidupan onlinemu.

Langkah-langkah pertamanya cukup mudah:

  1. Buka website resminya dan buat akun. Jika kamu ingin memaksimalkan diskon, lihat bagian bonus di bawah ini untuk penawaran terbaik saat ini.
  2. Setelah selesai, unduh dan instal software NordVPN resmi dari dasbor akunmu.
  3. Hubungkan ke server VPN di lokasi pilihanmu atau gunakan fitur hubungkan otomatis yang akan memilih server terbaik dan terdekat untukmu.

Ini semua terlihat menyenangkan dan mudah, tapi

…berbeda dengan banyak alternatif lain yang kurang canggih, NordVPN bisa menjadi sarana keamanan dan privasi yang jauh lebih hebat jika digunakan dengan benar 👍

Inilah beberapa tips penting untuk membantumu mulai:

  • Pertama, kamu sebaiknya menginstal VPN pilihanmu di semua perangkat yang kamu gunakan secara rutin – misalnya, Nord menawarkan aplikasi khusus untuk Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. Ayo tetap konsisten demi privasi dan keamanan yang lebih baik!
  • Untuk melindungi seluruh jaringan Wi-Fi rumahmu, instal NordVPN di routermu. Bacalah artikel mereka tentang instruksi spesifik untuk setiap model router.
  • Sesuaikan pengaturan agar aplikasi NordVPN-mu secara otomatis berjalan di latar belakang segera setelah kamu menyalakan perangkat dan menghubungkan VPN (tab “Umum” dan “Hubungkan Otomatis”).
  • Ingin mengurangi risiko hingga seminimal mungkin? Nyalakan Kill Switch di pengaturan NordVPN – opsi ini secara otomatis mematikan koneksi internetmu jika koneksi VPN terganggu.

Perlu diingat juga bahwa NordVPN punya beberapa jenis server khusus untuk pengguna yang membutuhkan privasi dan keamanan ekstra:

Misalnya, server P2P sangat cocok untuk mengunduh torrent, sementara Double VPN menawarkan anonimitas maksimum untuk melewati sensor, pelacakan, dan pengawasan.

Menggunakan NordVPN membawa keamanan dan privasi onlinemu ke level selanjutnya – rekomendasi di atas ditujukan untuk membantumu memaksimalkan langganan 100%!

Harga, Pengembalian Dana, dan Pembatalan

Mengenai harga, NordVPN menawarkan 4 pilihan: paket 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan bulanan.

Jika kita bandingkan harga per bulannya, pilihan yang termurah adalah paket 3 tahun, dengan diskon ~70% dibandingkan dengan harga per bulannya (lihat di bawah ini untuk cara mendapatkan diskon lebih besar menggunakan kupon).

Sama seperti banyak VPN lain, paket bulanan jauh lebih mahal (3-4 kali lebih mahal!) dari paket lainnya – artinya, paket bulanan kurang direkomendasikan. Apalagi sudah ada jaminan 30 hari uang kembali untuk semua paket.

…dan ngomong-ngomong:

NordVPN punya kebijakan uang kembali yang standar. Kamu bisa membatalkan akun dan menerima pengembalian penuh selama sebulan pertama untuk langganan baru 💸

Dua hal yang perlu kamu tahu tentang pengembalian dana NordVPN:

  • Perhatikan kata “baru”! Hanya akun yang dibuat selama 30 hari terakhir yang berhak menerima pengembalian dana 100% melalui jaminan uang kembali.
  • Karena Apple punya caranya sendiri, kamu tidak bisa menerima pengembalian dana untuk akun NordVPN yang dibuat melalui aplikasi iOS. Kamu harus meminta pengembalian dana langsung dari App Store.

Kalau akunmu tidak baru (misalnya dibuat lebih dari 30 hari yang lalu), kamu masih bisa membatalkan kapan pun, tapi dana yang tersisa tidak akan dikembalikan.

Secara keseluruhan, kalau kamu lebih suka fleksibilitas, paket 1 tahun mungkin lebih bagus untuk akun baru. Tapi, kalau kamu mencari harga terbaik, paket 3 tahun adalah pilihan yang paling cocok. Dan kita sampai di topik selanjutnya –

BONUS: Kode Kupon NordVPN

Kalau kamu memutuskan untuk mencoba NordVPN, cobalah dengan harga yang paling senilai!

Paket 3 tahun NordVPN sudah memberikan diskon 70% dibandingkan dengan paket bulanan, tapi kita bisa membuatnya makin murah.

Inilah cara mendapatkan diskon ekstra 5%:

  1. Klik tautan di bawah ini untuk langsung menerapkan kode kupon yang memberikan total diskon 75% untuk paket 3 tahun:

    Dapatkan Diskon 75% di NordVPN

  2. Di halaman yang terbuka di tab baru, klik tombol pendaftaran berwarna merah. Jangan khawatirkan tombol yang bertuliskan diskon 70% 🤓
  3. Setelah mengeklik tombol itu, kamu akan dialihkan ke halaman checkout – lihat harga paket di bawah ini untuk memastikan kuponmu sudah digunakan:

    NordVPN coupon

    Kalau tidak ada diskon ekstra, hapus kupon yang tercantum dan salin kupon ini ke kolom input:

    satori

Nah, itu dia penawaran yang lebih baik untuk NordVPN, dengan jaminan 30 hari uang kembali! Sekarang kamu bisa lanjutkan proses checkout, dan harga barunya akan diterapkan di akunmu.

Kesimpulan: Haruskah Kamu Menggunakan NordVPN?

Karena sekarang kita sudah lebih memahami apa saja yang ditawarkan NordVPN, waktunya menjawab pertanyaan terakhir –

Apa Nord layak dibeli?

Jawabannya adalah jelas “ya”:

NordVPN sepertinya sudah menemukan keseimbangan antara kualitas premium dan harga terjangkau, sehingga menawarkan kombinasi yang hampir mustahil dikalahkan.

Ada kasus-kasus tertentu di mana ukuran perusahaan memang sangat berpengaruh terhadap pelanggannya.

Sebagai VPN terbesar di dunia, Nord bisa berinvestasi banyak pada infrastruktur dan fitur-fiturnya – dan Nord juga meyakini bahwa reputasi itu sangat penting.

Dari semua Jaringan Pribadi Virtual yang sudah kami uji selama bertahun-tahun, NordVPN dengan mudah menjadi rekomendasi kami untuk keamanan dan privasi online yang lebih baik:

…dari penelusuran web harian, belanja online, P2P/torrent, dan streaming – hingga melewati sensor pemerintah dan anonimitas lebih lanjut, NordVPN adalah pilihan yang layak dipertimbangkan.

***

Masih punya pertanyaan tentang Nord? Atau mungkin sudah menggunakan VPN ini dan ingin berbagi pendapat? Bagikan ulasanmu di bagian komentar berikut. Ayo saling membantu dalam mengambil keputusan yang tepat!

Tidak menemukan yang kamu cari? Tanyakan apa saja pada kami!
🤓
Saya butuh informasi lebih lanjut tentang NordVPN
🤨
Saya masih punya pertanyaan tentang NordVPN
🤔
Saya tidak bisa menentukan apakah NordVPN cocok untuk saya
🙄
Sesuatu yang lain...

Ayo diskusikan!