Karena WordPress digunakan dalam lebih dari 30% penerapan di internet, hanya penyedia hosting malas yang tidak menawarkan solusi WP khusus.

Namun, ada beberapa brand khusus yang menawarkan solusi profesional secara eksklusif di WordPress dengan fitur-fitur premium dan harga premium.

Kinsta adalah salah satu host kelas atas ini – dan dalam ulasan detail ini, kita akan mencari tahu apakah Kinsta layak disebut platform WordPress terbaik 👑

Ringkasan kesimpulan: Kinsta cocok untuk pengguna yang memprioritaskan kualitas dan keamanan. Host ini fokus pada solusi-solusi terbaik di kelasnya dan menawarkan dukungan pelanggan istimewa, apa pun paket yang kamu pilih.

Fitur: apa yang kamu dapatkan? Baca selengkapnya
10/10
Kinerja: apakah cepat dan andal? Detail
10/10
Harga: apakah sesuai dengan harganya? Pelajari
8/10
Dukungan: apakah membantu? Baca diskusi
9/10

Pertama, ayo kita lihat apa perbedaan Kinsta dengan penyedia hosting lainnya, termasuk kompetitor langsung dalam segmen premium dan perusahaan lain yang menawarkan solusi hosting WP:

Fitur-Fitur Unik Kinsta

Kamu mungkin sudah tahu betapa sulitnya mencari host khusus WordPress. Semuanya mengaku sebagai penyedia hosting yang paling cepat dan andal. Jadi, bagaimana cara memilih solusi yang objektif?!

Kami takkan sekadar menulis semua fitur Kinsta. Inilah beberapa hal yang membedakannya dari penyedia lainnya:

  • 28 pusat data di seluruh dunia memastikan websitemu selalu dekat dengan lokasi pengunjung – benar, jarak fisik bisa memberikan perbedaan besar untuk waktu muat website dalam milidetik ⚡
  • Location of Kinsta's data centers

  • Virtual machine yang dioptimalkan C2 di semua paket memberikan kinerja maksimum untuk website yang paling kompleks sekalipun. Lihat bagian infrastruktur untuk mempelajari artinya lebih lanjut!
  • Integrasi Cloudflare memberikan lapisan keamanan tambahan, melindungi dari serangan, bot, dan oknum berbahaya lainnya. Tentu saja, kamu bisa menghubungkan Cloudflare dengan semua hosting (tanpa biaya dengan paket gratisnya), tapi Kinsta menawarkan fitur-fitur Cloudflare Enterprise ekstra yang agak mahal ke semua klien.
  • Sarana Application Performance Monitoring atau pemantauan kinerja aplikasi (Kinsta APM) adalah sistem gratis yang termasuk dalam semua paket Kinsta dan memvisualisasikan cara kerja bagian dalam websitemu untuk mengenali potensi masalah dan area peningkatan.
  • Enam jenis backup tersedia untuk semua klien Kinsta – termasuk backup manual dan otomatis, dengan berbagai rentang frekuensi mulai dari per hari (default) hingga per jam (ada biaya tambahan)
  • Lingkungan developer DevKinsta adalah sarana in-house yang dikembangkan oleh tim Kinsta untuk mendukung agensi dan freelancer dalam semua tingkat sehingga menyederhanakan pengembangan lokal, deployment, dan kolaborasi proyek (hand-off).

Kamu mungkin sudah tahu, semua hal di atas berkaitan dengan kecepatan, uptime, dan keamanan – inilah ketiga hal yang mendefinisikan hosting bagus. Ayo kita bahas lebih dalam dan lihat bagaimana fitur-fitur ini diterapkan dalam penawaran platform Kinsta:

Infrastruktur dan Kinerja

Sebelum melanjutkan, ada satu hal yang perlu diketahui tentang Kinsta agar bisa memahami cara kerjanya dengan baik:

– Kinsta secara eksklusif fokus untuk mengelola hosting WordPress. Artinya:

a) Kinsta tidak menawarkan berbagai jenis hosting (shared hosting, dedicated hosting, VPS…) seperti kompetitor lainnya, tapi hanya beberapa varian dari solusi yang sama dengan resource berbeda.

b) Produk Kinsta bukan hanya instalasi WordPress sederhana, melainkan server virtual yang kuat, fleksibel, dan sangat cocok untuk menjalankan WordPress (karena WP adalah site engine terpopuler di dunia).

Ngomong-ngomong, kami merasa tetap harus menjelaskan ini padamu:

Managed WordPress adalah layanan hosting yang memang dioptimalkan untuk WP dan menangani semua tugas manajemen dan pemeliharaan, seperti keamanan, update software, dan backup.

Jadi, ayo kita intip bagian dalamnya! Ini diagram bermanfaat yang kami buat untukmu:

Kinsta's infrastructure

Pertama, mirip dengan host managed WordPress lainnya, Kinsta tidak benar-benar memiliki hardware – semua infrastruktur fisik di balik layanannya didasarkan pada Google Cloud,

…dan bukan sembarang cloud – hanya fitur-fitur paling canggih yang tersedia, yaitu C2 (compute-optimized virtual machine) yang memadukan hardware canggih dengan software terbaru untuk memperoleh kinerja maksimum.

Nah, inilah yang agak rumit:

Kinsta membagi server virtualnya (yaitu server abstrak di atas server fisik) menjadi container-container LXD, dan setiap website WordPress menjalankan bundle softwarenya masing-masing di dalam container itu.

Dengan kata lain, website client dihosting di bagian yang terpisah, aman, dan dapat ditingkatkan, serta memiliki akses ke resource penting (tepatnya, 12 CPU dan 8 GB RAM masing-masing) dalam infrastruktur komputasi terbaik yang disediakan Google.

Percepat websitemu dengan Kinsta

Oke, jadi apa pengaruh dari semua kelebihan teknologi ini dalam kinerja websitemu? Ini beberapa pertimbangan terpentingnya:

  • Halaman yang baru diperbarui dan dihasilkan secara dinamis (seperti keranjang belanja) berjalan dengan sangat cepat berkat server-server C2 berkualitas tinggi 🏅 di Google Cloud;
  • Kekuatan komputasi yang besar dan software yang dioptimalkan untuk WordPress 🚀 memastikan semua permintaan ke server (seperti memuat situs) diproses dalam sekejap;
  • Cloudflare CDN menambahkan lapisan infrastruktur ekstra, menyimpan cache halaman websitemu di ratusan node lokal, 🌎 dan mengirimkannya ke setiap pengunjung dari lokasi terdekat (bahkan ketika server asal tidak memberikan respons saat itu) sehingga memaksimalkan kecepatan dan keandalan.

Selain itu, Application Performance Monitoring yang kami sebutkan tadi membantu mengenali kemungkinan inefisiensi dan titik masalah –

Kinsta's apm

Sarana ini dan berbagai sarana lainnya diintegrasikan dalam panel kontrol Kinsta secara gratis dalam semua paket – fakta lain (yang sering diabaikan) yang membedakan Kinsta dari penyedia hosting lainnya. Untuk harganya…

Paket dan Harga Kinsta

Ingat saat kami berkata Kinsta sebenarnya hanya menawarkan satu produk hosting dengan beragam resource?

Untuk menyederhanakan semuanya, 10 (!) harga paket yang tersedia bisa dikelompokkan menjadi 3 kategori, tergantung target penggunanya:

Target pengguna Individu atau perusahaan kecil Freelancer atau perusahaan menengah Agensi atau perusahaan besar
Paket Kinsta Starter; Pro Business 1..4 Enterprise 1..4
Situs WordPress 1-2 5-40 60-150
Kunjungan per bulan 25-50 ribu 100-600 ribu 1-3 juta
Situs/PHP worker 2 4-6 8-16
Riwayat backup 14 hari Hingga 20 hari Hingga 30 hari

Ah, jauh lebih baik sekarang. Tapi, ada satu baris tabel yang mungkin perlu penjelasan tambahan. PHP worker 🧑‍🔧 adalah proses-proses individu yang menghasilkan halaman websitemu untuk pengunjung. Jadi, makin banyak halaman yang dihasilkan secara dinamis di websitemu (seperti toko besar dan komunitas online), makin banyak PHP worker yang kamu butuhkan per situs agar website bisa berjalan dengan lancar.

Tiga hal lain yang perlu kamu tahu tentang kebijakan harga Kinsta:

  • Paket tahunan 16% lebih murah daripada paket bulanan, dan kamu bisa beralih dari paket tahunan ke bulanan atau sebaliknya kapan pun.
  • Ada batasan-batasan resource untuk setiap paket, seperti kunjungan situs, disk space, dan penggunaan CDN – dan semua yang melebihi batas bulanan akan ditagih secara terpisah.
  • Semua pelanggan berhak mendapatkan pengembalian dana penuh dalam 30 hari setelah pembelian awal, dan pengembalian dana sebagian setelahnya (untuk bagian langganan yang belum digunakan). Biaya untuk resource ekstra yang dibahas sebelumnya tidak dapat dikembalikan.

Proses pembatalan dan pengembalian dananya cukup mudah. Kamu bisa menutup akun dengan sekali klik di panel kontrol Kinsta. Tidak perlu menghubungi tim dukungan atau mencari tombol yang “sengaja” disembunyikan.

Coba Kinsta bebas risiko selama 30 hari

Untuk membandingkan harga Kinsta dan penyedia hosting managed WP lainnya secara objektif, kamu harus memperhitungkan kualitas infrastruktur dan fitur-fitur uniknya (seperti sarana APM). Oh ya, jangan lupakan satu hal penting yang tidak terlihat ini:

Dukungan dan Migrasi

Kadang dukungan pelanggan sering tidak dianggap sebagai proposisi nilai penting – entah karena tidak mudah diukur atau dibandingkan kualitasnya, maupun karena kamu tidak memikirkannya sampai kamu mengalami masalah sungguhan 🔥

Hosting website itu jangka panjang. Jadi, dukungan hanyalah masalah “kapan” kamu membutuhkannya, bukan “apakah” kamu membutuhkannya atau tidak…

…dan saat kamu benar-benar mengalami masalah, kamu ingin dukungan pelanggan mereka responsif, efisien, dan sabar – dan itulah yang ditawarkan Kinsta.

Tim dukungan mereka cukup banyak dibandingkan dengan jumlah permintaan masuk, dan banyak dari mereka adalah developer. Jadi, Kinsta bisa memberikan level kualitas yang terus-menerus menyabet penghargaan dan menduduki peringkat atas dalam industri:

  • Kinsta bangga dengan filosofi dukungan satu tingkatnya. Artinya, semua anggota tim dukungan pelanggan mampu menyelesaikan masalah tanpa melempar permintaan ke beberapa orang.
  • Semua klien bisa memulai chat dukungan 24/7/365 dalam bahasa Inggris. Ada juga dukungan dalam beberapa bahasa lain pada hari kerja.
  • Klien bisa meminta bantuan langsung dari panel kontrol Kinsta, sementara calon klien bisa klik tombol chat di pojok kanan bawah halaman utama resmi di websitenya.
  • Waktu tanggapan rata-ratanya adalah sekitar 1,5 menit – dan ini hampir sama dengan pengalaman kami saat mencoba layanan mereka.

Selain live chat, kamu bisa bertanya melalui form kontak resmi dan menerima balasan dalam ~1 hari kerja. Kamu juga bisa menelepon tim dukungan Kinsta jika berada di Amerika Serikat (atau jika kamu mau melakukan panggilan internasional).

Fitur penting lain yang disediakan manusia adalah 🧳 migrasi: memindahkan situs yang sudah ada ke penyedia hosting lain. Kamu pasti takkan kaget saat tahu Kinsta membuatnya semudah mengisi form pendek:

Kinsta migration

Ada migrasi dasar tanpa batas dan beberapa migrasi premium dalam semua paket Kinsta. Migrasi premium ditujukan untuk situs WordPress kompleks seperti e-commerce dan komunitas online.

Klien bisa memilih dari 3 opsi: memberikan Kinsta akses ke panel kontrol hosting sebelumnya (seperti layanan valet), memberikan file backup – atau menggunakan plugin untuk melakukan semuanya secara manual.

Apa pun pilihanmu, websitemu akan mendapatkan banyak keuntungan dari hosting di salah satu platform terbaik saat ini –

Kelebihan dan Kekurangan Kinsta

Sebelum melanjutkan ke kesimpulan, ayo kita ringkas apa saja yang sudah kita pelajari tentang Kinsta:

  • Semua website Kinsta dihosting dalam hardware paling canggih di Google Cloud untuk memberikan kecepatan maksimum dan kinerja terbaik di bawah beban berat.
  • Software server dioptimalkan untuk WordPress dalam semua aspek, dan update ke versi terbaru dari semua komponen ditangani oleh tim Kinsta (itulah mengapa disebut managed WP).
  • Integrasi CloudFlare tingkat perusahaan tersedia dalam semua paket untuk menjamin keamanan dan keandalan website bisnismu.
  • Semua akun mencakup sarana dan alat yang unik dan kuat, seperti sistem Application Performance Monitoring dan lingkungan pengembangan lokal DevKinsta, serta tentu saja, panel kontrol myKinsta.
  • Enam jenis backup, termasuk backup manual dan otomatis, memastikan tidak ada data yang hilang dan websitemu dapat dipulihkan dengan cepat jika ada insiden atau serangan yang disengaja.
  • Semua pelanggan, apa pun paketnya, memiliki akses yang sama ke tim dukungan pemenang penghargaan Kinsta, dan mereka akan membantu menyelesaikan masalah apa pun kapan pun.
  • Alih-alih resource komputasi tetap, ada batasan penggunaan dalam setiap paket. Artinya, kamu mungkin perlu membayar ekstra untuk hal-hal seperti jumlah pengunjung, disk space, dan traffic CDN.
  • Ngomong-ngomong batasan, satu-satunya pilihan untuk menambahkan lebih banyak PHP worker per situs adalah dengan membeli level paket selanjutnya – padahal, kamu mungkin tidak butuh parameter lainnya.
  • Saat ini, Kinsta tidak menawarkan nama domain. Artinya, kamu harus mendaftarkan domain di penyedia pihak ketiga dan menghubungkannya dengan website Kinstamu. Jika kamu lebih suka domain dan website menjadi satu, lihat SiteGround.

Oke, waktunya kesimpulan!

Kesimpulan: Haruskah Kamu Menggunakan Kinsta?

Mungkin sekarang sudah jelas bahwa Kinsta BUKAN untuk pengguna yang tidak bisa membedakan berbagai pilihan hosting dan hanya fokus menekan biaya tahunan mereka.

Dan itu tidak masalah! Karena tidak semua proyek web cocok untuk penyedia hosting terbaik. Apa gunanya membayar premium jika kamu membuat website perusahaan hanya karena “kamu merasa aneh jika tidak punya website di tahun 2022”?

Mengapa harus menggunakan hosting di Kinsta?

Kata kuncinya di sini adalah penting untuk bisnis: website apa pun yang sangat berpengaruh pada bisnismu (atau malah bisnis itu sendiri), seperti website perusahaan 📈 dengan traffic besar; penerbit 📰 seperti majalah dan blog populer; institusi pendidikan 🎓 dan platform pembelajaran online; dan tentu saja, 💳 e-commerce.

Jika kamu adalah agensi atau developer solo, Kinsta sangat menyenangkan untuk digunakan. Hanya saja, kamu tidak boleh menyasar segmen tingkat rendah, seperti bekerja di Fiverr.

Mulai proyek webmu di Kinsta

…Oke, sepertinya kamu sudah memutuskan apakah ingin menggunakan Kinsta dibandingkan penyedia hosting lainnya atau tidak. Jika ya, mana paket yang ingin kamu pilih?

Setelah tahu semua informasi tadi, ini tips-tips untukmu:

  • Jika kamu hanya butuh satu atau dua website, pilih Starter atau Pro. Hanya upgrade ke Business 1 jika kamu merasa websitemu punya lebih banyak halaman dinamis dibandingkan dengan halaman statis dan menggunakan >2 PHP worker.
  • Jika kamu berprofesi sebagai developer website atau bekerja di perusahaan yang punya beberapa properti web terpisah, pilih salah satu paket Business sesuai dengan jumlah instalasi WordPress yang kamu butuhkan saat ini.
  • Terakhir, jika kamu bagian dari tim pengembangan web atau perusahaan besar yang mengelola ratusan website (seperti blog yang dihasilkan pengguna), paket Enterprise adalah pilihan yang tepat.

Ada lagi yang mau kamu pelajari tentang Kinsta? Atau mungkin kamu mau membagikan pengalaman pribadi dengan penyedia hosting ini? Diskusikan di bagian komentar di bawah ini. Ayo saling membantu dan berbagi informasi!

Tidak menemukan yang kamu cari? Tanyakan apa saja pada kami!
🤓
Saya butuh informasi lebih lanjut tentang Kinsta
🤨
Saya masih punya pertanyaan tentang Kinsta
🤔
Saya tidak bisa menentukan apakah Kinsta cocok untuk saya
🙄
Sesuatu yang lain...

Ayo diskusikan!