Apa Alamat IP Saya? Cek IP

Sarana pendeteksi IP gratis kami akan membantumu mengetahui alamat IP publik, lokasi IP, dan detail lain tentang koneksi internetmu.

3.228.10.34
📑
klik untuk menyalin
Memuat data...

Lokasi IP saya

Negara:
Amerika Serikat
Kota/wilayah:
Pantai Virginia
Zona waktu:
Amerika/New_York
Memuat data...

Detail lain

IPv6:
Tidak terdeteksi
ISP:
Amazon.com, Inc.
Menggunakan proxy:
Iya

Masih punya pertanyaan? Kami bisa menjawabnya! 💡 Inilah beberapa hal terpenting yang harus kamu ketahui tentang alamat IP:

Sebenarnya Apa Itu Alamat IP?

IP (singkatan untuk “Internet Protocol” atau “Protokol Internet”) adalah pengidentifikasi unik yang diberikan pada setiap perangkat yang terhubung langsung ke jaringan (dalam hal ini, ke internet). IP berperan sebagai semacam alamat pribadi untuk setiap partisipan dalam jaringan.

Ada dua format IP utama, Versi 4 (IPv4) dan Versi 6 (IPv6). Versi 4 terdiri dari empat angka dari 1 hingga 256 dan dipisahkan oleh titik, seperti 63.123.34.235.

IPv6 lebih canggih, lebih panjang, dan menggunakan angka dan huruf, seperti ini: 2015:ba7:0:1267:0:363:8:2.

Meskipun sebagian besar alamat yang tersedia sudah digunakan oleh World Wide Web, saat ini IPv4 masih sangat sering digunakan dibandingkan dengan IPv6 – itulah mengapa sarana kami fokus khusus untuk format IP ini.

Apa Itu IP Publik dan Pribadi?

Pernah bertanya-tanya bagaimana komputermu sebenarnya terhubung ke internet? Banyak komponen kompleks terlibat dalam proses yang terlihat mudah ini.

Pertama, ada router, yang menghasilkan sinyal WiFi untuk komputermu atau ada slot kabel untuk internet. Router ini mengirimkan sinyal ke Penyedia Layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP) yang kamu gunakan. Singkatnya,

IP publik adalah alamat IP unik dari koleksi alamat publik (di internet) yang diberikan oleh Penyedia Layanan Internetmu pada routermu.

Sebaliknya, alamat IP pribadi diberikan dalam jaringan lokal, seperti yang dihasilkan oleh router WiFi. Alamat ini tidak bisa digunakan untuk mengidentifikasi komputermu di internet.

Ringkasnya:

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama akan memiliki alamat IP pribadi yang berbeda dan unik, tapi memiliki alamat IP publik yang sama (karena semuanya menggunakan router yang sama untuk terhubung ke internet).

Kamu mungkin sudah bisa menebak sekarang bahwa sarana kami hanya bisa menampilkan alamat IP publikmu, karena orang luar tidak bisa mendeteksi IP pribadi perangkatmu 🕵️‍♀‍

“Di Mana” Lokasi IP Saya?

Seperti di pertanyaan sebelumnya, kamu mendapatkan IP publik dari Penyedia Layanan Internetmu. IP ini diambil dari blok alamat yang diberikan pada penyedia internet oleh organisasi-organisasi internasional yang mengelola koleksi alamat IP global.

Jadi, kita bisa mengetahui perkiraan lokasi fisik dari alamat IP publikmu.

Hal ini dilakukan dengan memindai tabel-tabel khusus yang mencocokkan blok IP dengan Penyedia Layanan Internet. Tabel-tabel itu sering diperbarui, tapi bisa saja terlambat diperbarui atau memberikan hasil yang salah.

Akibatnya, biasanya perkiraan lokasi IP-mu cukup dekat dengan lokasi fisikmu – tapi kadang, bisa menyimpang cukup jauh.

Sarana kami menggunakan database-database terbaik untuk mendeteksi lokasi IP. Tapi, kalau hasilnya tidak 100% akurat, ingatlah bahwa internet adalah struktur yang terus berkembang, dan kadang terlalu cepat untuk diikuti :)

Bisakah Saya Mengubah/Menyembunyikan Alamat IP Saya?

Tentu saja! Ada banyak cara untuk memanipulasi alamat IP publikmu guna meningkatkan privasi dan keamanan koneksi internetmu.

Cara terpopuler dan paling mudah adalah menggunakan VPN (Virtual Private Network atau Jaringan Pribadi Virtual):

VPN adalah perangkat lunak khusus (pada dasarnya aplikasi) yang menciptakan “terowongan” aman antara perangkatmu dan web, menggunakan komputer-komputer khusus yang kuat, disebut server.

Oh ya, sarana kami bisa mendeteksi jika kamu menggunakan proxy (yaitu perantara, seperti VPN) untuk mengubah IP publikmu. Tentu saja, sarana kami tidak bisa menebak IP publik aslimu 🤷 – kami hanya tahu IP publik yang diberikan proxy.