Saya tahu situasinya: Anda iangin punya situs web sendiri, tetapi BANYAK SEKALI opsi hosting sehingga rasanya tidak mungkin bisa memutuskan: mana yang harus dipilih?!

Kalau Anda membaca ulasan ini, mungkin Anda sudah pernah mendengar Hostinger, perusahaan domain dan hosting yang menawarkan harga jauh lebih rendah daripada pesaingnya. Dalam ulasan mendetail ini, kita akan memeriksa Hostinger dengan kacamata pembesar dan menjawab pertanyaan berikut:

  • 🏆Haruskah Anda memilih Hostinger daripada pesaingnya?
  • 🔍Paket hosting mana yang terbaik untuk Anda?
  • 🔨Bagaimana dengan site builder mereka – apa patut dicoba?
  • 💰Bisakah Anda mendapatkan diskon untuk Hostinger?

Pertama-tama, kita akan mempelajari latar belakang dan sejarah perusahaan ini dengan singkat untuk mengetahui apakah mereka bisa dipercaya, setelah itu kita akan mempelajari layanan mereka dengan lebih mendetail, dan terakhir mengambil kesimpulan dan menyediakan jawaban atas pertanyaan yang kami susun di atas.

Oh, ya, pada akhir ulasan ini, saya akan memberi tahu kode promo eksklusif yang memungkinkan Anda menghemat 15% dari penawaran Hostinger, sebagai tambahan diskon dan penawaran khusus yang bisa Anda temukan di situs mereka. Bagus!

Kisah Hostinger

Sebagai gambaran skala Hostinger, berikut angkanya: perusahaan ini memiliki hampir 30 juta pelanggan yang tidak hanya berada di Amerika, Inggris, India, dan Indonesia, tetapi juga di lebih dari 170 negara lain (yang artinya hampir semua negara di dunia!)

Dan mereka tidak menunjukkan tanda-tanda melambat – menurut data mereka, Hostinger masih berkembang dengan laju 1 klien setiap 5 detik.

Akan tetapi, seperti yang mungkin Anda kira, Hostinger tidak langsung menjadi raksasa internasional seperti sekarang. Mereka mulai tahun 2004 sebagai “Media Hosting” sederhana di negara kecil namun berkembang pesat, Lituania, yang terletak di timur laut Uni Eropa.

Pendiri Hostinger tidak berniat mengikuti arus dan membuat layanan hosting biasa seperti yang lain – mereka mendirikan perusahaan baru ini dengan ide inovatif:

Orang tidak mau membayar pemasaran kami – cuma hosting: sederhana, bisa diandalkan, dan semurah mungkin

Setelah bertahun-tahun, prinsip ini masih menjadi inti tujuan Hostinger, yaitu layanan berkualitas tinggi dengan harga nyaris nihil.

Namun, bagaimana Hostinger mampu memiliki daya saing seperti itu? Mungkin Anda bertanya-tanya. Dengan kata lain, bagaimana mereka berhasil menawarkan harga rendah sambil mempertahankan kualitas tinggi? Saya akan segera menjelaskannya, tetapi pertama-tama, ayo kita lihat produknya:

Paket hosting mana yang tepat untuk Anda?

Ada beberapa tipe hosting di situs resmi Hostinger, dengan paket harga berbeda-beda. Itu makin mempersulit pemilihan, mengingat ada beberapa layanan dan fitur tambahan gratis tergantung paketnya.

Ayo kita pelajari komponen hosting yang esensial, dengan demikian kita bisa mempersempit pilihan dan mengambil kesimpulan akhir.

Kita akan memeriksa tiga tipe layanan hosting Hostinger, tetapi lihat tabel di bawah ini terlebih dahulu. Tabel tersebut meringkas perbedaan terpenting antara tipe hosting dan menyediakan contoh penggunaan paling umum:

Hosting Bersama Hosting Bisnis Hosting VPS
Kemudahan penggunaan Mudah Mudah/Sedang Sedang/Sulit
Untuk siapa? Perorangan dan bisnis kecil Bisnis sedang dan besar Pengembang dan pemrogram
Tingkat pengontrolan Fitur standar Fitur luas Kontrol penuh
Performa Cukup untuk situs web kecil dan sedang Performa tinggi untuk situs web lebih besar dan proyek daring Sedang hingga tinggi tergantung paket
Ruang untuk perkembangan Kaku – harus upgrade ke paket hosting lain Fleksibel – bisa menambahkan sumber daya lain “sambil jalan” Sangat fleksibel – kontrol atas sumber daya hingga bagian terkecil
Tingkat harga Murah Sedang Fleksibel

Saya kira dari tabel tersebut perbedaan di antara ketiga tipe hosting yang ditawarkan Hostinger sudah cukup jelas, tetapi kami akan memberi penjelasan yang lebih mendetail di bawah ini.

Sebelum membahas detail, kita perlu memahami satu konsep penting: server. Gampangnya, server adalah komputer khusus yang menyimpan situs web dan menampilkannya pada pengunjung daring:

Hosting adalah koleksi komputer server andal yang dioptimalkan untuk selalu daring 24/7/365 dan menampilkan situs web Anda kepada siapa saja yang memasukkan alamatnya ke peramban mereka.

Jadi, intinya server adalah komponen utama layanan hosting, dan dapat digunakan dalam berbagai cara tergantung permintaan dan anggaran klien. Di sinilah peran ketiga tipe hosting tersebut:

  • Hosting bersama adalah versi dasar untuk orang-orang yang baru mulai atau ingin menguji proyek online daring mereka dengan biaya minimal. Disebut “bersama” karena tiap server menyimpan ratusan atau bahkan ribuan situs web milik berbagai klien.

    Ini menyiratkan bahwa satu sumber daya server digunakan secara bersamaan oleh banyak situs – bagus saja untuk situs yang memiliki lalu lintas medium, tetapi sangat memengaruhi performa situs yang lebih besar.

    Di sisi lain, hosting bersama sangat murah dan mudah digunakan. Oleh karena itu, pilihan ini ideal untuk perorangan dan perusahaan kecil yang baru mulai mengembangkan sayap ke dunia maya.

  • Hosting bisnis adalah tipe di atasnya, cocok untuk situs yang lebih besar dan memiliki lalu lintas harian sedang hingga tinggi (ribuan pengguna atau lebih per hari).

    Hosting bisnis Hostinger menggunakan apa yang disebut teknologi awan, yaitu sumber daya komputer tidak terikat pada server fisik tertentu, tetapi disebarkan ke beberapa mesin, yang menjamin stabilitas dan fleksibilitas yang lebih baik.

    Ini juga berarti sumber daya hosting Anda terpisah dari situs lain sehingga performa keseluruhannya lebih tinggi, dibandingkan hosting bersama.

    Semua keistimewaan itu ada harganya, tentu saja. Hosting bisnis lebih mahal, dengan paket termurah (“Startup” di harga Rp232.799 per bulan) berkali-kali lipat paket bersama yang termahal (“Bisnis” di Rp33.589 per bulan). Ngomong-ngomong, penamaan pilihan kedua itu menurut saya agak membingungkan, tetapi kita tahu apa maksudnya :)

  • Hosting VPS adalah tipe hosting dari Hostinger yang paling fleksibel dan tidak mudah dipahami. VPS adalah singkatan dari “Virtual Private Server”, karena di sini satu server fisik menjalankan beberapa lingkungan individu yang tidak saling mengganggu. Rasanya seakan Anda memiliki server sendiri, hanya saja namanya mesin “virtual”.

    Pengaturan seperti itu menyediakan fleksibilitas maksimal. Anda dapat melakukan hampir apa saja yang diinginkan dengan server virtual karena Anda memiliki kontrol setingkat administrator atas seluruh sistem.

    Kedengarannya asyik, sampai Anda menyadari tidak ada panel kontrol yang mudah di paket hosting VPS. Dengan kata lain, Anda bebas mengatur setiap bagian server virtual.

    Oleh karena itulah tipe hosting ini sangat berguna untuk profesional yang tahu persis apa yang mereka lakukan (yaitu pemrogram dan pengembang web) dan bisa dibilang tidak ada gunanya untuk orang lain.

Dengan mempertimbangkan fitur tertentu dari setiap tipe hosting, saya bisa menyarankan bahwa Anda mungkin harus memilih tipe bersama. Kenapa? Karena jika Anda dari bisnis besar atau perusahaan pengembang web, Anda pasti sudah mengetahui semua yang saya jelaskan di atas.

Sekarang, kita asumsikan saja bahwa Anda membutuhkan hosting dasar, dan lihat mana dari ketiga paket bersama Hostinger yang merupakan pilihan masuk akal.

Di halaman hosting bersama Hostinger, Anda bisa melihat tiga tawaran: paket Single, seharga Rp9.900 per bulan, paket Premium seharga Rp19.989 per bulan, paket Bisnis seharga Rp33.589 per bulan. Saya rasa penting untuk diketahui bahwa harga ini adalah promosi spesial:

  • Anda bisa mendapat harga tersebut jika memesan paket 48 bulan, periode lebih pendek harganya agak lebih tinggi (kalau pendapat saya, paket 12 bulan biasanya lebih dari cukup untuk mengetahui apakah Anda benar-benar membutuhkan situs web, dan untuk menguji proyek daring).
  • Harga tersebut valid selama durasi paket yang Anda pesan, setelah itu, hosting akan diperpanjang dengan harga normal.

Sebagai informasi, ini adalah praktik yang umum digunakan oleh penyedia hosting, jadi dalam hal ini tidak ada kelicikan dari Hostinger.

Ketiga paket bersama tersebut disertai dengan semua hal yang Anda butuhkan untuk memulai, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak optimasi. Jadi, kita hanya akan berfokus pada perbedaannya:

Single Premium Bisnis
Jumlah domain 1
Akun surel 1
Termasuk SSL gratis? ya
Pencadangan mingguan harian
Processing power 1x 2x 4x
Domain gratis? ya ya

Paket Single hanya memiliki sedikit fitur dan daya komputasinya hanya cukup untuk situs web paling kecil, sementara paket Bisnis memiliki sedikit keistimewaan saja dibandingkan dengan paket Premium sementara harganya hampir dua kali lebih mahal.

Dengan kata lain, paket Premium adalah opsi paling seimbang dalam hal fitur, dan yang terpenting adalah paling murah karena menyediakan domain gratis.

Selain itu, paket Premium merupakan paket termurah yang menawarkan pencadangan otomatis, dan kegunaan pencadangan bisa dirasakan ketika terjadi sesuatu pada situs Anda :)

Sebagai kesimpulan, untuk kebanyakan individu dan organisasi kecil-menengah, paket Hostinger Bersama Premium adalah pilihan paling masuk akal. Pada bagian terakhir ulasan ini, saya akan menyediakan kode promo eksklusif sebagai tambahan diskon 15%. Jadi, jangan ke mana-mana!

Kesan kami dalam menggunakan Hostinger

Untuk keperluan ulasan ini, kami membeli paket hosting Premium dari Hostinger dan mengujinya secara ekstensif. Sekarang, kami akan membagikan pengalaman tersebut kepada pembaca panduan ini.

Setelah menyelesaikan order, Anda bisa mengakses panel admin hosting. Di sinilah Anda akan mengelola akun hosting:

Hostinger menawarkan panel admin khusus yang dibuat oleh pengembang internal perusahaan tersebut. Menurut kami panel ini ramah pengguna dan mudah dipahami, dibandingkan alternatif yang banyak digunakan seperti cPanel atau Plesk.

Semua yang Anda perlu disajikan dalam petak bergambar, dan ditata dengan rapi ke dalam kelompok-kelompok agar Anda bisa menemukan layanan dengan lebih cepat. Anda juga dapat menggunakan bilah pencari di bagian atas untuk lebih mudah mengakses item yang diinginkan.

Jika membeli domain dengan hosting Anda (di bawah saya akan menunjukkan cara untuk mendapatkannya secara gratis), domain itu otomatis aktif setelah beberapa saat, dan Anda bisa memulai pembuatan situs web.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan Auto Installer untuk mengatur sistem manajemen konten seperti WordPress, atau menggunakan website builder seret-dan-lepas dari Hostinger. Kedua opsi tersebut dapat diakses dari bagian Website di cPanel admin hosting.

Setelah mencoba builder seret-dan-lepas (yang mereka namakan Zyro), kami bisa menyimpulkan jangan buang-buang waktu Anda mencobanya: templatnya tampak ketinggalan zaman dan kadang kacau. Sebagai contoh, inilah yang saya dapat begitu mengaktifkannya:

Sebaliknya, kami sarankan Anda menginstal WordPress (disebut juga WP) menggunakan fitur Auto Installer yang disebutkan di atas. Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memilih WP untuk situs pertama:

  • WordPress adalah mesin situs web paling populer di dunia. Jadi, ada banyak tutorial gratis, panduan, dan tip penggunaan yang semua tersedia di internet!
  • Anda bisa mendapatkan ribuan templat gratis dari katalog resminya (misalnya, cobalah Bento, yang multifungsi dan mudah dipersonalisasi).
  • Ada juga ribuan ekstensi gratis untuk WordPress yang memungkinkan Anda menambahkan fungsionalitas apa pun yang bisa dibuat di situs, dari tombol berbagi ke media sosial dan formulir kontak hingga builder tata letak seret-dan-lepas.

Selain dari produknya, bagian lain yang sangat penting adalah dukungan pelanggan yang ditawarkan. Ayo kita lihat performa Hostinger di area ini:

Dukungan pelanggan Hostinger

nda dapat meminta bantuan tim Hostinger kapan saja, 24/7 via obrolan yang ada di sudut kanan bawah panel admin hosting.

Untuk mengetes kualitas dukungan, kami mengajukan beberapa pertanyaan via obrolan langsung: waktu responsnya sangat cepat (biasanya hanya beberapa detik), dan perwakilan Hostinger selalu ramah, sopan, dan sangat membantu). Mereka kadang menggunakan foto kucing untuk mencerahkan suasana hati Anda sambil menunggu mereka mengetikkan jawaban :)

Selain obrolan langsung, ada pustaka gratis berisi artikel tentang semua produk Hostinger dan layanannya. Anda dapat menemukannya dengan mengeklik tautan “Bantuan” di menu atas panel admin hosting. Di sana juga ada daftar pertanyaan umum, kemungkinan besar masalah Anda sudah terjawab di situ.

Secara keseluruhan, Hostinger berhasil melampaui harapan kami dalam hal kualitas dukungan, khususnya mengingat hosting mereka sangat murah. Kami pernah mendapat pengalaman yang jauh lebih tidak menyenangkan dari perusahaan saingan dengan harga lebih tinggi.

Pro dan kontra Hostinger

Sekarang, setelah mempelajari produk dan layanan, serta dukungan pelanggan Hostinger, mari kita meringkas sisi positif dan negatifnya. Kami berusaha menilai seobjektif mungkin:

  • Harga yang bagus: harga semua paket hosting sangat kompetitif. Seperti kata mereka sendiri, “Anda hanya membayar hosting, bukan pemasaran”
  • Penawaran fleksibel untuk semua jenis klien, dari perorangan dan bisnis kecil (hosting bersama) hingga perusahaan besar (hosting bisnis) dan pemrogram profesional (hosting VPS)
  • 99.9% garansi uptime. Intinya, Hostinger berjanji bahwa situs web Anda akan tersedia sepanjang waktu. Angka itu berarti maksimal 44 menit downtime per bulan, yang pada praktiknya 0 menit downtime menurut pengujian kami.
  • Anda bisa mendapatkan nama domain gratis dengan pembelian hosting jika memilih paket 12 bulan paling sedikit
  • Panel admin hosting unik dan mudah digunakan yang dikembangkan oleh tim Hostinger secara khusus untuk klien perusahaan tersebut.
  • Anda bisa menginstal WordPress hanya dengan beberapa klik menggunakan fitur Auto Installer dari panel admin hosting
  • Pustaka besar berisi sumber daya edukasional tentang penggunaan produk Hostinger, gratis untuk semua klien
  • Dukungan luar biasa dari tim yang ramah, cepat, dan sangat membantu, yang selalu siap menyelesaikan masalah Anda 24/7
  • Website builder biasa-biasa saja dengan desain templat ketinggalan zaman dan beberapa kali eror ketika berganti templat. Kami merekomendasikan WordPress saja.

Sebelum kami menyelesaikan ulasan ini dengan kesimpulan dan keputusan (haruskah Anda menggunakan Hostinger?), berikut panduan langkah demi langkah untuk mendapatkan diskon tambahan 15% dalam pembelian Hostinger:

Bonus: Kode Promo Hostinger -15%

Dengan senang hati kami akan menunjukkan cara menghemat uang dengan menggunakan kode kupon diskon 15% eksklusif dari kami. Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah untuk mendapatkan diskon tambahan menyenangkan pada pembelian Hostinger.

Karena tadi kita menyimpulkan bahwa paket berbagi Premium 12 bulan adalah pilihan paling masuk akal untuk sebagian besar situasi, kami akan menggunakannya sebagai contoh panduan.

  1. Masuklah ke halaman hosting bersama di situs web resmi Hostinger dengan mengeklik tombol di bawah ini (jendela baru otomatis terbuka):

    Dapatkan Diskon Hostinger 15%

  2. Di bawah Hosting Premium (opsi di tengah), klik tombol merah besar “Pilih serakang”. Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi.
  3. Klik untuk memilih paket 12 bulan (ini paket paling murah yang memberi nama domain gratis sehingga tidak ada artinya memilih paket 3 bulan).
  4. Dalam bagian domain di bawahnya, masukkan nama domain yang Anda inginkan. Mungkin Anda harus mencoba beberapa kali sebelum menemukan nama yang tersedia.
  5. Walaupun bersifat opsional, kami juga sangat menyarankan Anda mencentang kotak “Sertifikat SSL”. Harganya tidak begitu mahal, tetapi akan membuat situs lebih aman dan tepercaya. Jika punya SSL, situs web Anda juga akan menampilkan ikon gembok aman berwarna hijau di bilah alamat peramban.
  6. Bagian lain di halaman tersebut tidak esensial. Anda tentu bisa menyertakan semua opsi itu, tetapi kalau tidak juga tidak apa-apa. Pada titik ini, halaman konfigurasi Anda akan terlihat seperti berikut:

  7. Sekarang lihat ke sisi kanan halaman dan cari teks abu-abu yang berbunyi, “Punya Kode Kupon?” Letaknya tepat di bawah jumlah order total. Ketika mengeklik tautan di sebelahnya, akan muncul bidang baru. Masukkan kode berikut:

    SAVE15
  8. Setelah memasukkan kode, klik ikon plus di kanan (warnanya ungu). Anda akan melihat pesan yang mengatakan bahwa kode kupon sudah berhasil digunakan, dan diskon baru akan muncul dalam order:

  9. Selamat! Anda sudah menghemat tambahan 15% dalam pembelian Hostinger sehingga harga akhirnya makin menarik.

Keputusan kami dan ulasan pengguna

Setelah mempelajari Hostinger dari semua sisi dan menggunakan layanannya selama beberapa waktu, kami dapat menyimpulkan bahwa ini adalah perusahaan hosting yang layak dipercaya: harga bagus, sederhana, mudah digunakan, dan dukungan yang selalu membantu adalah yang Anda butuhkan agar berhasil membuat dan mengelola situs web.

Di atas, kami juga sudah menunjukkan cara menghemat 15% lagi pada order Hostinger, menggunakan kode promo eksklusif kami. Memang tidak banyak mengingat bahwa Hostinger sudah sangat murah, tetapi tetap bonus yang menyenangkan, bukan?

Pernyataan afiliasi: dengan jujur kami memberi tahu bahwa beberapa tautan dalam ulasan ini merupakan tautan afiliasi, artinya kami mendapat sedikit komisi setiap kali ada orang yang membeli paket Hostinger melalui tautan tersebut. Itu tidak memengaruhi harga yang Anda dapatkan di penawaran Hostinger, tentu saja.

Apakah Anda berencana menggunakan Hostinger, tetapi masih belum yakin, atau tidak tahu paket mana yang harus dipilih? Atau, Anda sudah menggunakan Hostinger dan ingin berbagi pengalaman? Apa pun itu, silakan bergabung dengan diskusi dalam bagian komentar di bawah ini. Mari kita saling membantu!

Ayo diskusikan!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

artikelnya bagus, tapi ada yang kurang, yaitu rata – rata page load time dapat berapa mas,…?