☑︎ Update terakhir: Juni 2020

Saat ini, Fiverr mungkin adalah marketplace terbesar untuk layanan online di dunia. Tapi, kamu mungkin pernah mendengar banyak pengalaman buruk di platform ini.

Kedengarannya mirip paradoks:

– meski merupakan tujuan terpopuler untuk layanan online, Fiverr sebenarnya bukan untuk semua orang.

Untuk memanfaatkan platform ini semaksimal mungkin, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui – baik sebagai pembeli maupun penjual.

Dalam panduan ini, kami telah mengumpulkan semua hasil penelitian dan pengalaman kami di Fiverr (kami sudah menggunakannya sejak 2012) untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan terpenting:

  • 🦄Apa beda Fiverr dengan platform lainnya?
  • 🛒Apakah Fiverr bagus untuk pembeli dan dalam kondisi apa?
  • 💵Sebagai freelancer, – haruskah kamu memilih Fiverr?
  • 😎Apa keuntungan terbesar dari platform ini?

Petunjuk tentang pertanyaan terakhir – tidak, bukan harganya!

Di akhir panduan ini, kami juga akan membagikan kode kupon diskon 10% untuk pembelian Fiverr pertamamu (kalau kamu memutuskan untuk mencoba platform ini).

…Ah, ya, satu hal lagi sebelum kita mulai: “Fiverr” dieja dengan dua “r” (tanpa alasan yang jelas, kecuali karena keinginan pendirinya). Tapi, kalau kamu mencari fiverrr, fiver, atau bahkan fivver dan sampai ke sini – tenanglah, ketiganya merujuk ke platform yang sama.

Ayo kita mulai:

Apa Itu Fiverr? Perbedaan Utamanya dengan Platform Lain

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Fiverr bukan marketplace freelancer biasa. Jadi, untuk menggunakannya secara efektif, kita harus memahami lebih dulu cara kerjanya dan perbedaannya dengan platform lain.

Inilah beberapa fakta untuk mengilustrasikan “ukuran” dan cakupan sesungguhnya dari platform Fiverr:

Fiverr adalah

Memang cukup luar biasa! Yang lebih menarik, Fiverr bisa berkembang sebesar ini berkat tiga ide. Kedengarannya biasa saja, tapi ide-ide ini cukup unik pada tahun 2010:

  • “Layanan sebagai Produk” – pendekatan baru yang menstandardisasi layanan freelancer, termasuk harga, cakupan, dan durasi kerja. Pembeli langsung jatuh cinta dengan cara Fiverr mempermudah hidup mereka.
  • Standardisasi ini membentuk suatu model di mana pekerjaan mendatangi freelancer, bukan sebaliknya. Dengan kata lain, pembeli diajak untuk mencari apa yang mereka butuhkan dengan menjelajahi katalog Fiverr yang luas, menggunakan filter canggih.
  • Selain itu, hampir tidak ada batasan untuk jenis layanan yang ditawarkan di platformnya – dari desain logo dan menulis e-book, hingga merekam teks dengan suara ala Trump – asalkan legal dan bisa dikirimkan online, kamu bisa menemukan apa saja di Fiverr.

Semua itu membantu Fiverr menawarkan harga yang tak terkalahkan – malahan, nama platform ini sendiri berasal dari harga $5 yang ditawarkan untuk setiap layanannya di tahun-tahun pertama:

Fiverr beta

Versi pertama dari Fiverr (2010). Sumber: archive.org

Tentunya, kamu tidak bisa menghargai semua layanan dengan $5 dan mengharapkan kualitas nomor satu. Jadi, Fiverr pun berkembang seiring berjalannya waktu:

  • Persyaratan $5 menjadi lebih fleksibel agar bisa memberikan tawaran yang lebih baik dan beragam. Freelancer bisa menawarkan layanan yang lebih kompleks dengan harga lebih tinggi, meski efisiensi dan harga rendah tetap jadi prioritas.
  • Lalu, Fiverr Pro diperkenalkan sebagai kumpulan freelancer terbaik yang dipilih dan diverifikasi oleh staf Fiverr (selengkapnya di bagian selanjutnya).

Meski banyak perubahan terjadi, prinsip-prinsip dasar Fiverr tetap sama hingga saat ini – layanan standar, menjelajah katalog, dan berbagai jenis layanan.

Kamu sudah bisa menebak reaksi pembeli, bukan?

Cara MEMBELI di Fiverr

(Ssst! Kalau kamu freelancer dan hanya ingin menawarkan layanan di Fiverr, lewati saja bagian ini dan lompat ke bagian untuk penjual.)

Mungkin kekhawatiran utama dari pembeli baru di Fiverr adalah menerima hasil berkualitas rendah karena harganya lebih murah.

Ayo kita lihat strategi-strategi untuk meminimalkan risiko ini.

Khususnya, kita akan fokus pada konsep Fiverr (yaitu “layanan sebagai produk”) yang dijelaskan di bagian sebelumnya. Pertama, saat mencari layanan:

1. Gunakan filter dengan bijak

Kalau yang kamu butuhkan adalah layanan standar (seperti menulis artikel atau desain logo), mulailah dari kategori bawaan yang ada di bagian atas di halaman depan (1a);

…tapi, kalau kamu tidak tahu apa yang kamu butuhkan – atau kalau kamu perlu sesuatu yang lebih unik, kolom pencarian di sebelah logo adalah titik awal yang sempurna (1b).

Apa pun itu, kamu akan mendapatkan daftar besar yang terdiri dari ribuan penyedia layanan, diurutkan berdasarkan “relevansi”:

Fiverr search

Kriteria urutannya agak membingungkan, ya? 🤔 Coba kita lihat alternatif lainnya.

Untuk memilah banyak penjual yang menawarkan layanan, kita akan menggunakan filter di bagian atas hasil untuk mempersempitnya menjadi daftar yang lebih ringkas:

  • Filter terpentingnya adalah “Service Options” (2a): menunjukkan spesialisasi dan ekstra untuk jenis proyekmu. Misalnya, kalau kita mencari “menulis artikel”, filter Service Options akan berisi hal-hal seperti jenis teks, bahasa, dan gaya penulisan. Filter ini biasanya bisa membantu kita mempersempit hasil pencarian hingga 10 kali lipat.
  • Filter kedua yang paling berguna adalah “Seller Details” (2b), karena membantumu memilih level penjual. Ada empat tingkat dalam hierarki penjual Fiverr: Level 1 dan 2, Top Rated, dan sisanya (penjual baru dan tidak aktif). Level lebih tinggi membutuhkan kualitas yang konsisten dan rating bagus, sehingga penjual seperti ini biasanya menawarkan layanan dengan harga lebih tinggi. Untuk hasil yang optimal, kami sarankan kamu untuk mencari penjual di Level 2 – penjual ini biasanya memberikan kualitas yang cukup bagus.
  • Sebaiknya, filter “Budget” (2c) dikosongkan agar tidak membatasi pilihanmu di awal – kecuali, kamu memang mencari tawaran termurah dan tidak benar-benar peduli dengan risiko kualitas yang buruk…
  • Filter “Delivery Time” (2d) bisa digunakan kalau kamu membutuhkan hasilnya SEGERA. Sekali lagi, harganya mungkin lebih tinggi untuk pilihan 24 jam dan 3 hari!

2. Jangan bandingkan harga di hasil pencarian

Meskipun Fiverr menawarkan layanan standar, semua tawaran tidak mungkin sama persis – penjual bebas menentukan apa yang termasuk dalam tawaran mereka. Selain itu, satu tawaran bisa terdiri dari 2-3 paket berbeda:

Misalnya, seorang freelancer penulis blog mungkin menawarkan artikel dengan panjang tertentu (misalkan 300 kata), dan menyertakan beberapa pilihan ekstra di tawaran yang sama, misalnya 500 kata dengan harga lebih tinggi.

Ini sulitnya: hasil pencarian yang kita bahas sebelumnya hanya akan menunjukkan satu harga. Kamu mungkin penasaran dari mana asal harga itu?

Fiverr prices

Ya, harga yang ditampilkan adalah paket dasar (= paling murah) dari suatu tawaran.

Masalahnya ada dua: pertama, paket dasar mungkin tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan, dan kedua – setiap tawaran punya paket dasar berbeda!

Kesimpulan: abaikan harga di hasil pencarian. Tapi, bacalah 5-10 tawaran di daftar setelah menerapkan semua filter (lihat tips #1).

Sekarang apa kita sudah siap membuat order?

Tunggu, masih ada satu lagi yang sebaiknya kamu lakukan sebelum belanja:

3. Hubungi penjual lebih dulu

Pilihlah 2-3 tawaran yang sepertinya menjanjikan, lalu kirimkan pesan khusus pada setiap penjual. Jelaskan proyekmu dengan singkat, dan tanyakan beberapa hal.

Amati seberapa cepat tanggapan mereka. Apa jawaban mereka relevan dan jelas?

Meskipun kamu tidak punya pertanyaan, tanyakan sesuatu – cara penjual menanggapi pertanyaanmu akan memberikan gambaran yang lebih baik mengenai kualitas layanan mereka.

Selain itu, kalau kamu mencari kualitas yang bagus, jangan menawar harga, kecuali benar-benar perlu:

  • Pertama, Fiverr sudah murah untuk layanan freelance. Ada batas harga bawah untuk kerja keras seseorang dalam satu jam, dan akibat kompetisi yang ketat, Fiverr sudah mendekati batas bawah itu.
  • Kedua, kebanyakan penjual sudah mengoptimalkan alur kerja mereka untuk memberikan harga yang kompetitif. Jadi, kalau kamu meminta diskon, mereka punya alasan kuat untuk mengabaikan kualitas dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyelesaikan ordermu – dan ini wajar saja dari sudut pandang mereka.

Kebanyakan penjual Fiverr tidak malas atau rakus – tapi, pikirkan saja logika sederhana: kamu mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih buruk jika berusaha menawar harga

…apalagi strategi seperti itu tidak akan membuat penjual lebih ramah padamu dan proyekmu 🤷

Ada baiknya, kamu menempatkan diri di posisi penjual sebentar dan hargai kerja keras mereka. Fiverr sudah memastikan tawaran sekompetitif mungkin.

Setelah mendapatkan balasan awal, kamu bisa menentukan pilihan akhir dengan mudah. Setelah itu, hanya masalah membuat order, mendeposit dana, dan menunggu hasilnya.

Ngomong-ngomong hasil:

4. Jangan ragu meminta revisi

Kebanyakan tawaran Fiverr menyertakan minimal 1-2 revisi – meski tidak disebutkan secara jelas di detail tawaran atau deskripsi paket. Penjual yang baik akan setuju melakukan perubahan yang wajar jika kamu meminta dengan baik-baik.

Saat meminta revisi, bersikaplah ramah. Ingat, beberapa masalah mungkin disebabkan karena deskripsi tugas awalmu tidak cukup jelas!

(Kalau kamu memang meminta sesuatu yang tidak kamu sebutkan di tugas awalnya, pastikan untuk memberikan bonus kecil atas kerja keras penjual.)

…dan ya, semua orang tahu kalau mereka harus mengucapkan “terima kasih”. Tapi –

kalau penjual itu sangat membantu atau melampaui ekspektasimu, tunjukkan apresiasimu dengan memberikan review positif dan bonus

Ini sangat penting jika kamu ingin bekerja sama dengan freelancer yang sama di masa mendatang – yang akan kita bahas lebih detail di bawah ini:

5. Gunakan strategi dan jalin hubungan

“Tapi, saya hanya ingin memakai layanan Fiverr sekali!” – mungkin kamu akan berkata begitu.

Memang, mungkin kamu hanya membutuhkan layanan freelance digital sekali… Kedengaran agak tidak realistis? Karena memang tidak realistis!

Setelah terbiasa dengan kesederhanaan dan pilihan Fiverr yang beragam, kamu mungkin ingin memanfaatkan layanan lain di platform ini 🚀

Jadi, entah jika kamu sudah punya rencana proyek atau hanya ingin menyelesaikan satu tugas, kamu sebaiknya menggunakan Fiverr secara strategis:

  • Mulailah dengan proyek kecil untuk mencoba tips-tips di atas dan menemukan freelancer yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah kamu nyaman menggunakan Fiverr, waktunya untuk menambah order dan proyek lebih serius!
  • Simpan tawaran favoritmu menggunakan ikon hati. Setelah menyimpan lebih dari 5-6 favorit, kamu sebaiknya menyusunnya menjadi beberapa daftar di bagian “Saved” di akunmu (menu kanan atas di sebelah foto profil).
  • Selalu berikan review dan rating, serta coba selesaikan sengketa secara langsung dengan penjual sebelum memberikan review negatif.

Ngomong-ngomong, tahukah kamu kalau penjual juga bisa memberikan rating dan review untuk pembeli? Ini berarti – sama seperti di dunia nyata! – setiap interaksi penting.

Dengan kata lain, bersikap sopan, sabar, dan ramah sebagai pembeli membantu meningkatkan hubungan dengan penjual lama dan baru. Ini akan terlihat jelas dalam kualitas pekerjaan yang kamu dapatkan!

Selesaikan Pekerjaan dengan Fiverr ›

Nah, bagaimana kalau kamu memutuskan untuk memposting lowongan kerja publik sebagai pembeli, alih-alih mencari freelancer sendiri? Ini beberapa metode tambahan yang bisa kamu manfaatkan:

  • Gunakan kata rahasia dalam post lowongan kerjamu untuk menyingkirkan tawaran yang tidak relevan. Misalnya, dengan meminta freelancer menuliskan kata tertentu (seperti “hai” atau “hebat”) di mana saja dalam pesan mereka.
  • Tentukan harga realistis yang tidak terlalu murah. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah pembeli serius, sehingga menarik penjual yang lebih berkualitas. Setiap penjual bisa menentukan tawaran masing-masing untuk proyekmu. Jadi, kamu bakal melihat variasi harga di atas dan di bawah budgetmu.
  • Abaikan email otomatis dengan “top offer” untuk pekerjaanmu – kandidat ini sepertinya dipilih secara acak, berdasarkan seberapa cepat penjual menanggapi post lowongan kerjamu. Percayai penilaianmu, bukan algoritme!

Setelah mendapatkan tawaran cukup banyak, ikuti saja strategi-strategi yang sudah kita bahas sebelumnya.

***

Bagaimana kalau kamu ingin memaksimalkan peluang untuk mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi? Ada satu pilihan lagi yang perlu kamu tahu:

Fiverr Pro – Apakah Layak?

Ingat kita pernah membahas tentang level penjual? Sebenarnya, Fiverr punya satu tingkat lagi yang belum disebutkan, yaitu Fiverr Pro.

Untuk menjadi “Pro”, penjual Fiverr harus mengirimkan permohonan khusus ke staf Fiverr, disertai portofolio pekerjaan sebelumnya. Semua permohonan akan ditinjau secara manual, dan hanya 1% terbaik yang lolos proses reviewnya.

Fiverr Pro

Jadi, Fiverr Pro mirip dengan level penjual Top Rated – tapi jauh lebih eksklusif.

Bagaimana dengan harganya? “Pro” selalu kedengaran mahal… Apakah masuk akal kalau kita memilih Fiverr Pro padahal sudah ada filter untuk level penjual di pencarian standar?

Memang, layanan Pro biasanya 2 hingga 4 kali lebih mahal dari tawaran non-Pro di kategori yang sama. Jadi, tawarannya bisa setara dengan platform-platform tradisional lainnya seperti Upwork.

Ini dia masalahnya:

Fiverr Pro bukan platform yang terpisah: marketplacenya sama, akun penggunanya sama, semuanya sama – hanya beda level di sistem ranking penjual Fiverr (yang tertinggi).

Untuk memamerkan pencapaian ini, ada bagian khusus yang hanya menampilkan tawaran Pro saat kamu menggunakan pencarian standar Fiverr!

Ini membawa kita ke keuntungan terbesar dari Fiverr sebagai platform freelance:

Di Fiverr, kamu punya banyak variasi. Butuh sesuatu dikerjakan dengan cepat dan murah? Tidak masalah. Mencari kualitas tinggi tanpa risiko? Siap sedia!

Dengan kata lain, kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu, memilih tawaran yang super murah atau 1% dari yang terbaik – atau di antara keduanya. Mana ada platform lain yang punya tingkat fleksibilitas seperti ini?

Ngomong-ngomong persentase –

BONUS: Kupon Diskon 10% Fiverr

Mencoba Fiverr atau tidak, ada baiknya kamu tahu cara untuk mendapatkan diskon 10% untuk order pertama, bukan?

…Perhatikan bahwa kata kuncinya di sini adalah “pertama” – berarti, kode kupon di bawah ini hanya berlaku untuk akun pengguna baru:

  1. Klik tombol merah besar di bawah ini untuk mengunjungi Fiverr. Websitenya akan terbuka di jendela baru:

    -10% untuk Order Fiverr Pertamamu

  2. Carilah tawaran yang ingin kamu beli, pilih paket yang diinginkan, dan klik tombol order hijaunya (kalau kamu membaca tips kami di atas, kamu seharusnya sudah menghubungi penjual 🤓).
  3. Di halaman selanjutnya, pilih tawaran ekstra yang kamu butuhkan dan klik tombol “Order Now” di kanan (ya, tombolnya kedengaran ambigu – tapi jangan khawatir, kamu belum ditagih apa-apa).

    Fiverr coupon

  4. Di ringkasan order di sebelah kanan layar, kamu akan melihat bagian kode promo. Klik bagian itu, lalu salin dan tempelkan kode di bawah ini ke kolomnya:

    GIVINGA10
  5. Klik tombol “Apply” berwarna abu-abu dan dapatkan diskon 10% untuk total ordermu. Sekarang kamu bisa menyelesaikan order dengan harga diskon yang baru.

Di bagian-bagian sebelumnya dalam panduan ini, kita sudah belajar cara memanfaatkan Fiverr – sekarang kamu juga tahu cara mengurangi biayanya!

***

Bagaimana dengan marketplace lain? Apakah Fiverr masih terlihat menarik untuk freelancer? Ayo kita cari tahu:

Cara MENJUAL di Fiverr

(Sekali lagi, jika kamu adalah pembeli layanan freelance, bagian ini mungkin tidak relevan untukmu – lewati saja langsung ke ringkasan akhirnya!)

Sama seperti hal lain, terjun ke dunia kerja freelance dengan sikap ceroboh tidak akan memberikan keuntungan besar.

Apalagi di Fiverr, akibat persaingan kompetisinya yang berat dan aturan-aturan ketat dari platform ini.

Meskipun begitu, Fiverr jelas merupakan salah satu tempat terbaik untuk mulai menghasilkan uang sungguhan secara online sebagai freelancer. Layanan mikronya membantumu bereksperimen dengan cepat dan menyempurnakan tawaranmu setiap hari, sementara sistem level penjualnya memastikan hidupmu jadi lebih mudah setelah kamu mencapai level tertentu dan memperoleh banyak kepercayaan di platform 📈

Perlu ditekankan lagi – ini bukan perjalanan yang mudah, dan kamu harus bekerja ekstra keras di awal. Tapi, pendapatan part-time bulanan sebesar $1.000-$2.000 layak dipertimbangkan.

Berdasarkan pengalaman pribadi dari banyak penjual Fiverr yang berhasil, kami menyusun tips-tips ini untuk membantu perjalananmu menuju puncak level penjual Fiverr:

🔎 Temukan niche yang “sempit” untuk mulai: ada ribuan freelancer di Fiverr yang menawarkan layanan “desain logo” atau “penulisan artikel” – jadi, coba hindari sesuatu yang terlalu umum, setidaknya sebelum kamu jadi top seller!

💼 Buatlah banyak tawaran: daripada mengandalkan hanya satu tawaran, buatlah tawaran sebanyak-banyaknya. Manfaatkan tempo Fiverr yang cepat – ganti tawaran yang kurang populer dengan ide baru untuk memaksimalkan alur kerjamu.

🎯 Perhatikan judul, gambar, dan deskripsi tawaranmu: sertakan kata kunci yang relevan (tapi jangan terlalu “padat”) dan pastikan untuk menggunakan gambar cantik yang menonjol dari lainnya dalam hal kualitas dan daya tarik.

💰 Tentukan harga bersaing untuk membangun portofolio: rating bintang 5 dan review positif sangat penting untuk visibilitas di Fiverr – untuk memperolehnya dengan cepat, kamu bisa mencoba menurunkan harga guna membangun profilmu.

💌 Tunjukkan pada setiap pembeli bahwa kamu peduli: bahkan satu review atau rating buruk pun bisa menghalangi perjalananmu menuju level penjual lebih tinggi. Perlakukan setiap pembeli dengan hormat dan lakukan yang terbaik untuk memberikan hasil berkualitas tinggi secara tepat waktu (ya, ini memang jelas, tapi nyatanya banyak penjual Fiverr gagal mengikuti saran ini).

🚀 Lampaui ekspektasi secara strategis: kadang, ini hanya masalah menyampaikan ekspektasi dengan tepat – dengan kata lain, pelangganmu akan lebih senang kalau kamu memberikan janji biasa dan melampaui ekspektasi mereka, daripada memberikan janji yang “wah” tapi gagal melakukannya.

📊 Perhatikan metrik penjualmu! Yang sangat penting adalah tingkat respons dan pengiriman tepat waktu – penjual Level 1 dan Level 2 ditugaskan secara otomatis oleh algoritme Fiverr, berdasarkan metrik itu.

🕗 Jauhi stres dengan cukup istirahat. Tapi, kalau kamu berencana untuk liburan atau istirahat sebentar, jangan lupa aktifkan mode di luar kantor di akun Fiverrmu untuk mencegah pembeli yang frustrasi di kotak masukmu.

📚 Ambil kursus untuk mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan visibilitas profilmu. Tahukah kamu kalau ada kumpulan materi profesional di Fiverr yang bisa memberikan lencana dan memamerkannya di profil penjualmu? Yah, sekarang kamu tahu.

Singkatnya – berpikir jangka panjang, memberikan tawaran orisinal, mengirimkan hasil tepat waktu, dan melampaui ekspektasi pelanggan bisa membantu freelancer pemula mencapai level penjual tertinggi di Fiverr.

Dan setelah kamu sampai di Level 2 (atau malah menjadi penjual Top Rated atau Fiverr Pro), platform ini bisa dengan mudah menjadi sumber pendapatan nomor satumu.

Kesimpulan Kami: Memanfaatkan Fiverr

Fiverr telah banyak berubah dari konsep aslinya sebagai kumpulan penyedia layanan “aneh” yang bersedia dibayar $5. Di 2020, Fiverr menjadi salah satu marketplace freelance online terbesar di dunia!

– Jadi, apa kelebihan utama dari Fiverr dibandingkan dengan platform lain?

Jumlah pilihannya yang beragam dengan rentang budget luas! Sebagai pembeli, kamu bisa menemukan hampir semua layanan di Fiverr, dengan harga murah sampai yang premium.

– Siapa yang perlu menggunakan marketplace ini untuk membeli layanan?

Fiverr sangat bermanfaat jika kamu membutuhkan salah satu hal berikut dalam layanan freelance: fleksibilitas, variasi, transparansi, dan tentunya kemudahan.

– Bagaimana cara terbaik untuk menggunakan Fiverr sebagai pembeli?

Manfaatkan filter, hati-hati saat membandingkan tawaran, hubungi penjual sebelum melakukan order, perlakukan penjual dengan hormat, dan jalin hubungan positif jangka panjang dengan freelancer terbaik.

(Kalau kamu memutuskan untuk mencoba Fiverr, jangan lupakan kode diskon 10% untuk pembelian pertamamu. Instruksi bertahapnya bisa dibaca di bagian panduan ini.)

– Bagaimana cara agar berhasil sebagai penjual Fiverr?

Tujuanmu haruslah menjadi penjual dengan level lebih tinggi secepat mungkin. Buatlah beragam tawaran dan pastikan layananmu selalu berkualitas tinggi dengan rating memuaskan.

***

Masih tidak yakin apakah Fiverr adalah platform yang tepat untuk kebutuhanmu? Mau menambahkan sesuatu ke analisis kami? Atau mau berbagi pengalaman di Fiverr? Tuliskan semuanya di bagian komentar di bawah ini!

Ayo diskusikan!