☑︎ Ulasan ini terakhir kali diperbarui pada Oktober 2021

Ah, form online! Salah satu hal yang kelihatannya tidak diperlukan, tapi ternyata sangat diperlukan.

JotForm adalah salah satu solusi terpopuler untuk situasi ini… tapi karena kamu membaca artikel ini, kamu mungkin juga bertanya-tanya:

“Membuat dan mengelola form online itu kelihatannya merepotkan! Tool yang bagus haruslah sederhana sekaligus memenuhi kebutuhan dan persyaratan tertentu saya. Haruskah saya memercayai JotForm untuk kebutuhan ini?”

Ayo kita cari tahu bersama-sama. Dalam ulasan detail ini, kami akan menganalisis JotForm dari berbagai aspek dan menjawab beberapa pertanyaan terpopuler –

  • 👶Apakah JotForm mudah digunakan untuk pemula?
  • 🔒Keamanan dan privasi – haruskah kamu memercayai JotForm?
  • 💸Paket manakah yang harus kamu pilih?
  • 🏆Apakah JotForm lebih baik dari alternatif lainnya?

Sebelum kita membahas tentang fitur-fitur unik yang membedakan JotForm dari layanan serupa lainnya, ayo kita lihat ringkasan layanannya:

Apa Itu JotForm?

Form ada di mana-mana! Setiap kali suatu organisasi membutuhkan data dari sejumlah orang – baik pelanggan, karyawan, pendukung, siswa, dan lainnya – mereka menggunakan semacam form untuk mengumpulkan informasi ini.

Ide utama di balik JotForm adalah membuat seluruh prosesnya semudah mungkin: dari membuat form hingga mengelola data yang dikumpulkan.

…Dan bukan hanya survei – JotForm juga bisa digunakan dalam beberapa skenario populer seperti ini:

  • Mendaftar atau mengikuti acara, pekerjaan, beasiswa, keanggotaan – bahkan pinjaman atau perumahan. Kesederhanaan 🎯 adalah kuncinya karena biasanya ada banyak informasi yang harus dikumpulkan dari satu orang dalam kasus seperti ini.
  • Memberikan saran atau evaluasi, termasuk mengisi keluhan, meninggalkan ulasan atau rating, atau memberi suara untuk suatu keputusan. Kejelasan 🔮 sangat penting di sini, sekaligus kemampuan untuk menganalisis data guna memperoleh informasi.
  • Berinteraksi dengan suatu organisasi (atau tokoh umum) untuk bertanya, mengajak kerja sama, atau sekadar berbagi ide. Karena jenis form ini sering digunakan oleh pengunjung asing yang baru pertama kali datang, privasi 👁️‍🗨️ dan perlindungan data menjadi kekhawatiran tersendiri.
  • Membuat reservasi, mulai dari memesan meja atau menjadwalkan pertemuan hingga memanfaatkan berbagai layanan dan persewaan saat liburan. Memulai dengan jenis form ini jauh lebih mudah menggunakan template siap pakai 📑 yang mencakup semua kolom dan interaksi yang dibutuhkan.
  • Mendapatkan prospek bisnis baru, baik secara online maupun offline. Offline juga berarti dapat menggunakan form untuk berbagai perangkat 📱 seperti smartphone dan tablet.
  • Memesan produk atau layanan secara online merupakan salah satu kasus penggunaan yang biasanya tidak kamu sangka dari pembuat form online. Tapi, JotForm memiliki tingkat keamanan 🔑 dan integrasi pembayaran yang memadai untuk membuat form checkout yang sangat efisien.

…dan kami bahkan belum menyebutkan kasus tertentu dan persyaratan khusus, seperti mengumpulkan data kesehatan yang sensitif dari pasien! (sesuai HIPAA di Amerika Serikat)

JotForm berjanji akan menyelesaikan setiap tantangan itu – tapi, apakah benar? Ayo kita lihat apa yang spesial dari tool ini.

Fitur-Fitur Unik dari JotForm

Tentunya, JotForm bukan satu-satunya cara membuat form online – jadi, adakah kelebihan khususnya?

Sebenarnya, ada cukup banyak kelebihannya:

  • Logika bersyarat memungkinkan kita untuk “mengajari” form saat menanggapi masukan pengguna, secara otomatis menambahkan, menghilangkan, menyembunyikan, melewati, atau mengganti kolom apabila mendapatkan jawaban tertentu.

Kamu juga bisa menggunakan kolom apa pun yang diisi responden sebagai masukan untuk bagian form lainnya – misalnya untuk mengubah label atau menghitung ulang nilai di kolom lainnya!

Ini membuka peluang yang hampir tak terbatas agar form lebih efektif, misalnya dengan mudah membuat halaman terima kasih khusus:

JotForm: conditional logic

Dan ya, aturan bersyarat memang ada (sampai batas tertentu) dalam kebanyakan pembuat form, bahkan Google Forms sekalipun – tapi, tak ada yang menawarkan tingkat fleksibilitas mendekati JotForm.

  • Sebenarnya, pustaka aplikasi dan integrasilah yang membuat JotForm jauh lebih hebat, dengan menghubungkan form dan ratusan layanan pihak ketiga.

Ini memungkinkanmu untuk menambahkan banyak hal keren ke form (seperti tanda tangan atau verifikasi tambahan), mengekspor data form ke tool analisis atau manajemen proyek favoritmu, bahkan mengumpulkan pembayaran dengan aman tanpa perlu solusi e-commerce mahal!

Ngomong-ngomong tentang keamanan:

  • Perlindungan data dan privasi memastikan keamanan untuk pembuat form dan responden. JotForm menggunakan sertifikat SSL 256-bit di semua form dan memberimu kemampuan untuk menentukan siapa yang bisa mengisi form dan siapa yang bisa melihat hasilnya.

Kamu juga bisa memilih untuk mengenkripsi lagi semua respons form dengan key RSA-2048 sebelum dikirimkan padamu, sehingga menjadi asuransi tambahan dalam mengatasi upaya penghadangan data pengguna.

Untuk mengaktifkan enkripsi, kamu harus membuka pengaturan form dan mengeklik tombol cokelat “Show more options”.

Selain fitur-fitur keamanan ini, ada juga beberapa singkatan yang mungkin pernah kamu dengar, yaitu:

JotForm sepenuhnya patuh terhadap GDPR (hukum perlindungan data Eropa) dan PCI (untuk pemrosesan pembayaran) – dan jika kamu harus mengumpulkan informasi terkait kesehatan dari responden, kamu bisa melakukan upgrade untuk kepatuhan terhadap HIPAA.

  • Opsi publikasi lanjut memberimu kebebasan penuh saat mengirimkan form ke audiens. Sekali lagi, JotForm benar-benar tidak tertandingi dalam hal ini, dibandingkan dengan tool serupa lainnya:

Ada banyak cara untuk memublikasikan form yang dibuat di JotForm – dalam bentuk link langsung, post media sosial, atau bahkan dokumen PDF yang bisa diisi –

JotForm publishing

Kamu juga bisa mengirimkan form secara langsung ke responden via email atau menambahkannya di websitemu – kode khusus untuk setiap platform web populer seperti WordPress atau Shopify akan dibuat secara otomatis.

  • Penyusun PDF adalah fitur unik lain dari JotForm yang memungkinkanmu untuk mengubah respons form menjadi dokumen PDF profesional dengan mudah – ideal untuk membuat tagihan, proposal, tiket, sertifikat, dan lainnya.

Bagian terbaiknya adalah kamu tidak perlu membuatnya dari nol: ada ratusan template PDF yang siap pakai.

…Yang membawa kita ke aspek selanjutnya dari JotForm:

  • Pustaka template berisi ribuan form siap pakai untuk hampir semua situasi, dikelompokkan berdasarkan jenis dan industrinya. Sangat hemat waktu!

Untuk lebih memahami peran template di JotForm, ayo kita lihat lagi cara kerja pembuat form ini:

Pembuat Form dan Template

Memulai dengan JotForm itu sangat mudah: kamu bisa membuat akun baru dengan mengisi nama, email, nama pengguna, dan kata sandi – atau bahkan lebih cepat dengan pendaftaran via Facebook atau Google:

Buat Akun Gratis di JotForm ›

Butuh total waktu sekitar 30 detik, dan kita sudah siap mulai! Ayo klik tombol hijau besar “Create Form” dan jelajahi pilihan yang tersedia –

Ada 3 cara untuk membuat form: mulai dari kanvas kosong, menggunakan template, atau mengimpor form yang sudah ada (dari website, akun JotForm-mu, atau dokumen PDF).

Dalam situasi sehari-hari, kamu mungkin akan menggunakan template – sangat hemat waktu! Tapi agar kami bisa menunjukkan caranya, lebih baik kita mulai dari nol 📖

Pembuat form ini punya tampilan sederhana yang menyembunyikan banyak sekali tool dan fitur luar biasa:

JotForm builder

Kamu bisa menambahkan kolom baru dan elemen lainnya dengan mengeklik tombol abu-abu tua di kiri layar [1] yang membuka panel berisi banyak hal yang bisa kamu gunakan dalam form.

Selain elemen dasar dan gerbang pembayaran, perhatikan tab ketiga yang berisi banyak bagian lebih lanjut, seperti geolokasi otomatis atau mengambil foto responden.

Jika kamu mengeklik kolom yang sudah ada, tombol roda gigi akan muncul [2] dan membuka panel pengaturan kolom. Di sini, kamu bisa mengubah label, ukuran, dan posisi kolom, serta menandainya sesuai kebutuhan.

Panel penting ketiga adalah untuk keseluruhan desain form – bisa dibuka dengan tombol rol cat biru [3] di pojok kanan atas tampilan.

Sebenarnya, bagian dari JotForm ini adalah kejutan terbesar untuk kami. Jenis pilihan yang ditawarkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan pembuat form lain yang pernah kami coba:

  • Kamu bisa memilih warna dan latar belakang untuk setiap bagian individu form – atau klik tombol di bagian bawah untuk mengaktifkan tampilan desainer lanjut dengan jumlah pengaturan granular tambahan yang sangat banyak.
  • Kamu bisa menyesuaikan font, ukuran, dan posisi form – bahkan menambahkan kode CSS-mu sendiri jika kamu familier dengan bahasa pengembangan web.
  • ATAU kamu bisa memilih template visual siap pakai untuk formmu! Ada tema gratis dan premium di toko JotForm.

…Selagi membahas pembuat form ini, apa kamu memperhatikan banner JotForm di bagian bawah layar? [4] Banner ini akan muncul di semua form yang dipublikasikan dengan akun gratis.

Untuk menghilangkan banner ini dari form, kamu harus berlangganan. Bagaimana cara kerjanya? Dan apa langganannya layak dibeli? Ini ringkasannya:

Biaya JotForm

Hal yang menyenangkan dari JotForm adalah layanan freemiumnya – dengan kata lain, ada versi gratis dan berbayarnya.

Artinya, kamu bisa mulai membuat dan menggunakan form tanpa komitmen keuangan apa pun, lalu lakukan upgrade jika JotForm terbukti bermanfaat untuk proyekmu.

Yang kami sukai dari JotForm adalah sama sekali tidak ada perbedaan antara fitur-fitur di versi gratis dan berbayarnya. Kamu hanya perlu membayar untuk batas penggunaan tambahan dan menghilangkan branding di bawah form.

Nah, logika di balik biaya langganan JotForm cukup sederhana:

Paket JotForm Gratis Bronze Silver Gold
Biaya bulanan $0 $24 $29 $79
Batas form 5 25 100
Respons per bulan 100 1,000 10,000 100,000
Ruang tersedia 100 MB 10 GB 100 GB 1 TB
Banner JotForm ya tidak tidak tidak

Seperti yang bisa kamu lihat dari tabel ringkasan di atas, JotForm menawarkan paket sesuai dengan tingkat kebutuhanmu – tanpa membatasi fitur-fiturnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah diskon 50% untuk institusi pendidikan dan nonprofit yang terdaftar. Ini adalah sesuatu yang takkan kamu temukan di penyedia form online lainnya 🎓

Terakhir, JotForm menawarkan jaminan 30 hari uang kembali untuk paket berbayar apa pun. Artinya, kamu bisa meminta pengembalian penuh selama sebulan pertama dengan menghubungi tim dukungan menggunakan form kontak atau via email (tersedia 24/7).

Keren, kan? Sekarang kita sudah punya semua informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan utama kita:

Haruskah Kamu Memakai JotForm?

Tidak diragukan lagi – JotForm sejauh ini adalah layanan pembuat form paling canggih yang pernah kami coba (dan kami semua di Satori Webmaster Academy sudah mencobanya).

Para pembaca lama kami pasti tahu bahwa kami sangat menyukai produk-produk yang tetap sederhana dan intuitif, tapi dengan fitur-fitur luar biasa yang bisa memuaskan pengguna ahli sekalipun

JotForm adalah salah satunya. Pembuat form online ini mudah digunakan untuk pemula, tapi perlahan-lahan mengungkap beragam pilihan dan kemampuan yang luar biasa ketika kamu mulai memahaminya.

Semua fitur tersedia dalam versi gratis layanan ini. Artinya, kamu tidak perlu membayar apa pun sebelum kamu benar-benar yakin JotForm adalah toolkit yang tepat untuk kebutuhanmu:

Mulai gunakan JotForm gratis ›

Awalnya, kami menyangka JotForm adalah tool yang rumit untuk kasus yang lebih menantang. Tapi sekarang, kami menggunakannya untuk semua hal, bahkan untuk form paling sederhana yang hanya berisi teks (dah, Google Forms!)

Baik sebagai wirausahawan pribadi atau bagian dari tim besar, JotForm membuat kita mudah melupakan form online yang dulu terasa sulit dan rumit.

***

Kami harap ulasan ini bermanfaat dan menjawab banyak pertanyaan! Bagikan pemikiran dan pendapatmu di bagian komentar di bawah ini. Ayo saling membantu mengambil keputusan yang tepat 💬

Tidak menemukan yang kamu cari? Tanyakan apa saja pada kami!
🤓
Saya butuh informasi lebih lanjut tentang JotForm
🤨
Saya masih punya pertanyaan tentang JotForm
🤔
Saya tidak bisa menentukan apakah JotForm cocok untuk saya
🙄
Sesuatu yang lain...

Ayo diskusikan!

1 comment

Bagaimana cara saya berlangganan, apakah bisa dengan rupiah ? dan adakah perwakilannya di Indonesia