☑︎ review ini telah diperbarui pada 2020

Aah, oke, oke, “ass” yang berarti “keledai”, cerdas, cerdas sekali. Harus kami akui, HideMyAss (HMA) tahu cara mengenalkan topik yang cukup membosankan dengan cara yang menyenangkan. Selain namanya yang konyol, kamu mungkin bertanya-tanya –

bisakah saya benar-benar memercayai mereka untuk “hide my ass” (kali ini bukan menyembunyikan pantat si keledai, ya) dan traffic jaringan saya?

Itulah yang akan kita cari tahu dalam review lengkap ini – selagi kita mencari jawaban dari beberapa pertanyaan terpenting tentang privasi dan keamanan online:

  • 🔎APAKAH SAYA BENAR-BENAR BUTUH layanan VPN?
  • 🔒APA ITU VPN sebenarnya?
  • 🏆APAKAH HMA LEBIH BAGUS dari alternatif lainnya?
  • 🔑APAKAH PROXY WEB GRATIS HMA layak digunakan?

Selain itu, kami juga akan berikan kode kupon diskon 20% yang bisa digunakan untuk langganan HideMyAss pertamamu. Apa pun pilihan akhirmu, kami sebaiknya membagikan diskon ini.

Pertama, kita harus mencari tahu apakah VPN adalah layanan yang benar-benar berguna atau tidak – dengan kata lain: apakah VPN mengurangi peluangmu dihack atau mengalami masalah saat menggunakan internet?

(Kalau kamu sudah mengenal topik VPN dan torrent, dan ingin langsung membaca review kami untuk HMA, klik di sini untuk membaca bagian yang sesuai.)

Apakah Torrent Legal? (Dan Alasan Lain Menggunakan VPN)

Sebelum kami menjelaskan cara kerja VPN, sebaiknya kita lihat alasan #1 mengapa layanan pertukaran peer-to-peer (P2P), torrent, dan lainnya sangat populer di seluruh dunia. Ayo kita lihat untuk torrent.

Kecuali kamu tinggal di negara seperti Cina (你好!), yang sering memblokir web-web tertentu di tingkat nasional, kamu takkan menemui banyak batasan saat browsing atau streaming. Kamu mungkin tidak bisa mengakses film tertentu di negaramu karena alasan komersial, tapi biasanya itu cuma sepersekian dari semua konten yang tersedia.

Tapi, pembuka blokir konten masih menjadi fitur yang dicari-cari, bahkan oleh banyak orang di beberapa negara. Entah untuk menonton Netflix AS (dengan jumlah serial yang bisa kamu tonton seumur hidup!) maupun mengakses website yang diblokir firewall negaramu – VPN adalah cara paling andal untuk memenuhi kebutuhan pengguna seperti kamu dan saya.

Keamanan online juga tidak kalah pentingnya, terutama untuk layanan berbasis web, seperti bank online. Apalagi kita sekarang bisa mengaksesnya dari banyak perangkat. Dan koneksi jaringan kita belum tentu punya standar keamanan yang bagus.

Masuk ke internet banking dari laptop pribadi, yang terhubung ke jaringan internet rumah yang dilindungi oleh password, memang aman – tapi terhubung ke bank dari smartphone melalui Wi-Fi publik yang bebas tidaklah aman.

Dan banyak orang baru mulai mengkhawatirkan masalah ini setelah mereka mengalami insiden besar, misalnya akunnya dihack atau e-wallet-nya dicuri. Lebih baik kita mencegah, ‘kan?

Alasan lain untuk menggunakan VPN adalah privasi (kata “hide” (sembunyikan) dalam “HideMyAss”). Di website VPN, privasi biasanya tidak dijelaskan secara detail, kecuali dengan kalimat “mengancam” ala Orwell, misalnya “Big Brother mengawasi kamu”. Kira-kira artinya: hindari pengawasan dari badan-badan berkuasa seperti pemerintah dan pihak ketiga berbahaya seperti hacker (dan mungkin penguntit).

HideMyAss privasi

Seperti inilah HideMyAss menggambarkan privasi online

Ada 2 hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, kalau pemerintah benar-benar ingin memata-matai seseorang, selalu ada cara. Tapi, kecuali kamu memang mata-mata atau sudah melakukan kejahatan serius di masa lalumu yang kelam, tidak perlu panik.

Kedua, kita semua menggunakan Facebook sehari-hari (pastinya!). Ini menunjukkan betapa kita “menghargai” privasi kita dari perusahaan-perusahaan raksasa – dan semua pihak yang tertarik dan rela membayar untuk mengakses data kita.

Oke, kenapa tiba-tiba bahasan kita jadi suram… Yang jelas, privasi semakin dianggap sebagai hak yang penting, dan dunia online adalah tempat di mana pelanggaran privasi sering terjadi. Itulah kenapa “VPN” memiliki huruf “P” (pribadi), terutama untuk mereka yang menggunakan jaringan peer-to-peer secara rutin.

Kembali ke torrent. Ada banyak ketidakpastian tentang perlakuan hukum untuk torrent di seluruh dunia. Jadi, kami sudah menyiapkan pendahuluan hukum singkat tentang torrent – mirip “torrenting for dummies”:

  • Pertama, mari kita perjelas dari awal: protokol BitTorrent sendiri TIDAK ilegal di negara mana pun. BitTorrent hanyalah kerangka transfer file yang bisa dipakai untuk berbagi konten secara efisien antarkomputer remote.
  • Jadi, download atau upload torrent selalu LEGAL asalkan konten itu BUKAN konten berhak cipta – di yurisdiksi mana pun.
  • Tapi, berbagi konten BERHAK CIPTA melalui jaringan torrent dianggap sebagai pelanggaran hak cipta di banyak negara di dunia.

Tunggu, tunggu, kamu mungkin protes. Kalau saya mengajak teman untuk menonton film yang saya beli di Amazon Prime, apa itu juga termasuk pembajakan online?!

Ya, “contoh tandingan” kecil ini memberi tahu kita bahwa ada banyak sekali area abu-abu untuk topik ini. Jadi, sebenarnya batas antara berbagi file yang aman dan pembajakan yang berbahaya tidak jelas.

Tapi, ada yang perlu diperhatikan:

Apa pun penafsirannya, pemegang hak cipta tidak suka konten ciptaan mereka disebarkan secara gratis oleh orang lain, meskipun orang itu tidak mendapatkan sepeser pun dalam prosesnya.

Akibatnya, industri-industri yang berkuasa tidak tinggal diam. Mereka menerapkan denda, bahkan mengambil tindakan hukum untuk pengguna yang membagikan konten berhak cipta lewat jaringan torrent. Tindakan-tindakan ini banyak menarget website-website torrent – tapi semakin lama semakin menarget pengguna akhir (yang diidentifikasi dari penyedia internet mereka).

Untungnya, ada sisi baiknya:

Beberapa negara, seperti Swiss dan Spanyol, secara tegas mengizinkan download torrent APA PUN, asalkan untuk penggunaan pribadi.

Kalau saja ada cara untuk mengakses website seolah-olah kita berasal dari negara lain… Oh, tunggu, ada caranya! Kebetulan, itulah guna VPN – selain mengenkripsi dan menganonimkan traffic internetmu (jadi, masalah keamanan dan pembajakan yang tadi kita bahas selesai!).

Jadi, Sebenarnya Apa Itu VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network (Jaringan Pribadi Virtual). Dari namanya, kita bisa menebak-nebak, ‘kan? Masih kurang jelas? Oke, akan kita bahas dengan cepat:

VPN adalah sebuah teknologi untuk menciptakan jaringan yang aman di atas jaringan publik yang sudah ada, seperti internet. Jaringan baru yang aman ini membuat komputer-komputer yang terhubung seolah-olah berada di ruangan yang sama dan terhubung secara fisik ke internet lokal pribadi mereka – tapi memakai software canggih, bukan kabel, untuk menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia (jadi bersifat virtual).

Masih bersama saya? …Halo?

Untuk lebih memahami cara kerja jaringan pribadi virtual (VPN), lebih baik kita mempelajari komponen-komponen pentingnya satu demi satu (dan tentu saja melihat gambarnya) –

VPN adalah

  1. Dengan VPN, komputermu (1.) menciptakan koneksi langsung yang terenkripsi ke server khusus yang dikelola oleh penyedia VPN. Koneksi ini disebut “tunnel” dan berfungsi sebagai lapisan independen di atas infrastruktur jaringan yang sudah ada.
  2. Penyedia Layanan Internet (ISP)-mu (2.) bisa melihat dan meneruskan traffic internetmu, tapi tidak bisa membacanya karena terenkripsi dalam tunnel VPN.
  3. Server VPN (3.), yang terhubung denganmu melalui tunnel, terletak di negara tertentu (yang juga bisa kamu pilih sebelum menyalakan VPN).
  4. Kamu terhubung ke internet (4.) melalui server VPN. Server ini benar-benar menyamarkan titik awal koneksimu dan tidak menyebarkan identitasmu ke web.

Dari penjelasan ini, kita sudah bisa menyimpulkan beberapa kriteria penting untuk menilai kualitas VPN (dalam artikel ini, HideMyAss):

  • Keamanan: algoritma yang digunakan untuk mengenkripsi koneksi dan seberapa baik server VPN menangani trafficmu. Alias, bagian hijau dari koneksi VPN di bagan di atas.
  • Privasi dari koneksimu: apakah data yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kamu (misalnya alamat IP unikmu) dicatat dan disimpan oleh VPN.
  • Kecepatan koneksi: seberapa cepat kamu bisa mentransfer data melalui server VPN. Ini sangat penting terutama saat kita streaming video dan torrent.
  • Lokasi server: lokasi yang ditawarkan oleh penyedia VPN dan bisa kamu pilih untuk terhubung ke internet. Semakin banyak pilihannya, tentu saja semakin bagus.
  • Mudah digunakan: faktor lain yang tidak boleh diabaikan. Karena kamu akan sering menyalakan VPN, pastikan kamu memilih penyedia dengan antarmuka atau navigasi yang mudah.
  • Harga: tentu saja salah satu faktor terpenting, meskipun tidak secara langsung dibahas di bagan kami. Karena VPN adalah layanan model langganan, selisih harga yang kecil dalam pembayaran bulanan atau tahunan bisa menumpuk sedikit demi sedikit.

Ayo kita cari tahu seberapa baik HideMyAss memenuhi syarat-syarat ini – lalu, apakah HMA layak dipilih sebagai penyedia VPN-mu:

Tips untuk Menguji HideMyAss

Sama seperti layanan berbasis software lainnya, pengalamanmu bersama HideMyAss berawal dari membuat akun. Ini cukup mudah, termasuk mengisi nama, email, negara, dan detail pembayaranmu. Ngomong-ngomong, tahukah kamu kalau kamu tidak perlu membayar di awal?

Benar, HMA memiliki uji coba gratis 7 hari. Kamu takkan mudah menemukan penawaran ini – malahan, penawaran ini tidak disebutkan di halaman utama resminya, kecuali kamu melihat ke bagian paling bawah dan membaca footernya. Ini link langsungnya:

Dapatkan 7 hari gratis di HideMyAss ›

Saran lainnya: setelah membuat akun, bukalah dasbormu dengan mengeklik “My Account” yang berwarna biru di pojok kanan atas website HMA – dan matikan “auto-renewal” di bagian “Your HMA! Licenses”.

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Lalu, apa gunanya uji coba seminggu?” – “Bagaimana kalau saya ingin terus menggunakan VPN?”

Biar saya jelaskan:

Pertama, uji coba ini akan tetap berlaku selama 7 hari meskipun kamu membatalkannya. Inilah sisi menyenangkan dari HMA. Artinya, kamu tidak perlu ingat untuk membatalkan langganan kalau kamu memutuskan untuk tidak berlangganan – agar tidak sengaja ditagih.

Tapi, yang perlu diperhatikan, uji coba ini akan secara otomatis beralih ke paket tahunan. Dan kalau kamu menggunakan VPN secara rutin, paket tahunan bukanlah paket yang paling menguntungkan.

Kalau kamu puas dengan layanan HMA setelah uji coba seminggu, lebih baik kamu membeli paket 3 tahunnya dan tidak perlu repot memperpanjang langganan VPN untuk waktu yang lama:

HMA paket

Agar lebih paham maksud saya, ayo kita lihat angkanya. Paket 36 bulan 60% lebih mahal dari paket 12 bulan, tapi bisa digunakan 3 kali (300%) lebih lama!

Jadi, kalau kamu mengikuti rekomendasi ini, kamu akan melihat jendela pop-up di perangkatmu saat uji coba HMA berakhir, dengan link ke semua paket yang tersedia. Kamu bisa membeli paket mana pun yang diinginkan, termasuk paket 3 tahun yang biaya per bulannya paling murah.

Kalau, untuk alasan apa pun, kamu masih ingin membeli langganan 1 tahun daripada 3 tahun, kami sudah menyiapkan tawaran spesial untukmu. Baca bagian bawah di review kami untuk mendapatkan kode kupon diskon 20% untuk paket HMA 1 bulan dan 1 tahun.

Yang jelas, ada baiknya kamu melihat setiap aspek dari HMA sebelum mengambil keputusan akhir. Dan kita akan membahasnya di bagian selanjutnya – sesuai kriteria evaluasi VPN yang sudah kita bahas di atas.

HMA Pro VPN: Kesan Kami

Agar bisa menggunakan HMA, kamu harus mendownload software mereka di perangkatmu – komputer atau smartphone. HMA menawarkan versi untuk semua sistem operasi utama, termasuk Android/iOS, Windows, dan Mac, bahkan Linux.

Kamu bisa menggunakan satu lisensi (satu langganan) secara bersamaan di 5 perangkat. Ini memenuhi kebutuhan banyak orang, bahkan rumah tangga. Kalau kamu punya 7 anak atau senang memakai ponsel yang berbeda setiap hari, kamu bisa meminta penawaran khusus dari HMA untuk jumlah gadget yang dibutuhkan.

Nah, kamu sebaiknya mendownload versi full-screen dan mobile dari software HMA selama periode uji coba untuk memastikan kamu nyaman menggunakan keduanya.

Programnya terlihat seperti jendela biru kecil dengan antarmuka sederhana, terdiri dari tombol “connect” dan 3 tab:

HMA mode

  • Mode Instant untuk pengguna yang cuma ingin online melalui VPN dengan rute tersingkat (tercepat). Saat menekan “connect”, kamu akan langsung dihubungkan secara otomatis ke server HMA terdekat – dan voilà, kamu bisa browsing/streaming/menggunakan torrent sesuka hati.
  • Mode Location untuk pengguna yang ingin terhubung ke negara tertentu, misalnya Spanyol atau Swiss yang bebas torrent. Kamu bisa memilih dari 280+ lokasi di berbagai negara, termasuk Aruba, Suriname, dan Tokelau. Perhatikan bahwa kebanyakan lokasinya adalah lokasi virtual – HMA mengakui ini tapi tidak mengungkap lokasi mana yang nyata dan mana yang virtual.
  • Terakhir, sesuai namanya, mode Freedom untuk pengguna yang ingin terhubung secara otomatis melalui server di negara yang menjunjung kebebasan berbicara. Mode ini berguna saat kamu ada di negara yang memblokir website tertentu melalui firewall nasional.

Sekilas, mode Instant sepertinya adalah mode yang paling berguna di HideMyAss, kecuali kamu tinggal di negara yang memblokir konten online secara aktif.

Tapi, dalam praktiknya mode Location juga sama bergunanya. Pertama, kamu bisa memilih negara tertentu untuk menikmati konten di negara itu atau konten eksklusif untuk negara itu (misalnya streaming video yang cuma tersedia untuk pengguna AS).

Kedua, kalau kamu mengeklik tombol drop-down biru tua di bawah kotak pencarian, kamu bisa memfilter daftar lokasinya untuk melihat lokasi yang dioptimalkan secara khusus untuk streaming atau peer-to-peer (torrent). Fitur ini sangat berguna kalau kamu benar-benar ingin memaksimalkan VPN dalam berbagai skenario penggunaan.

Setelah menentukan mode pilihanmu, waktunya online! Kamu akan melihat lokasi server dan alamat IP publik barumu (dengan mengeklik ikon “i dalam lingkaran” kecil di sebelah lokasi):

HideMyAss menghubungkan

Karena kita membahas privasi dan keamanan, ayo kita periksa ulang! Buka browser webmu, ketikkan “my ip”, dan tekan Enter. Salin hasilnya, lalu buka IP checker independen dari pihak ketiga, seperti ini atau ini, dan paste alamatmu. Masih di negara yang sama? Bagus!

Karena sekarang kita sudah online, selanjutnya kita akan memeriksa kecepatannya. Pasti menyebalkan kalau kamu harus streaming video HD atau download torrent multi-gigabyte dengan koneksi yang super lambat, ‘kan?

Seperti yang dikatakan di rumah sakit jiwa, internet yang lambat jauh lebih buruk daripada tidak ada internet sama sekali. Yah, sel-sel saraf yang rusak karena rasa frustrasi itu tidak akan kembali lagi.

Sekali lagi, kita akan gunakan sarana gratis dari pihak ketiga untuk mengetahui parameter koneksimu dalam beberapa detik. Mungkin yang paling canggih adalah Ookla Speedtest. Sebelum menekan “Go”, pastikan server yang akan diperiksa ada di negara yang sama dengan alamat IP barumu. Seperti inilah prosesnya:

HMA Speedtest

Tes khusus ini dilakukan selagi terhubung ke server VPN di Finlandia (lokasinya tidak acak), dengan server penguji kecepatannya juga di Helsinki.

Seperti yang bisa kamu lihat dari screenshot, koneksi yang diuji sama sekali tidak lambat – dan kecepatan downloadnya hampir sama dengan kecepatan koneksi tanpa VPN di jaringan yang sama (dengan Wi-Fi, router data seluler 4G).

Ayo kita lakukan tes terpisah (yah, kenapa tidak?). Kali ini, dengan sarana online lain, Fast.com, dari Netflix:

HMA Fast.com

Hasilnya hampir sama. Artinya, bisa disimpulkan bahwa HideMyAss telah lolos tantangan kecepatan dengan sangat baik. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita melanjutkan:

Kecepatan koneksimu sesungguhnya bergantung pada beberapa hal, termasuk lokasi VPN yang terhubung dan kemampuan penyedia internetmu (kalau kamu berharap VPN akan memberikan kecepatan lebih tinggi dari kecepatan koneksi maksimalmu, baca lagi cara kerjanya).

***

Masih membuka aplikasi HMA di perangkatmu? Ayo kita lihat menu navigasinya, tersembunyi di balik ikon tiga garis (“burger”) di pojok kiri atas. Di sini, kamu bisa menemukan sarana yang dibutuhkan untuk mengelola akun HMA-mu.

Bagian yang terpenting adalah “Preferences” – yang mungkin perlu kamu kunjungi sebelum mulai menggunakan HMA secara rutin:

Di tab “General”, pilihan yang sebaiknya diperhatikan adalah kotak centang “Start HMA! VPN Pro when my computer starts” – terutama kalau tujuan utamamu menggunakan VPN adalah keamanan dan privasi. Karena menggunakan koneksi yang aman dan pribadi sebentar-sebentar tidak ada gunanya.

HMA pengaturan

Untuk alasan serupa, kamu mungkin juga ingin mengaktifkan fitur “otomatis terhubung ke HMA” di tab “Network Security”.

Untuk penggemar privasi yang banyak menuntut, ada satu pengaturan yang bagus: IP shuffle. Bayangkan, kamu tidak hanya memakai kamuflase, tapi juga mengganti pakaianmu setiap jam! Kira-kira, inilah yang dilakukan IP shuffle.

***

Biasanya, setelah kamu menyetel pengaturan awal dan pengaturan sesuai preferensi, HMA cenderung “membaur ke latar belakang” – memberikan semua manfaat VPN tanpa membuatmu sadar akan kehadirannya (terutama kalau kamu mengaktifkan fitur otomatis terhubung, seperti yang disebutkan di atas).

Selain semua manfaatnya, kamu mungkin tidak menyadari perubahan apa pun dalam pengalaman internet harianmu saat menyalakan HideMyAss – seperti biasa, membuka web membutuhkan beberapa milidetik dan kecepatan internet tetap tinggi.

Bagaimana dengan harganya?

Seperti yang sudah kita lihat, HMA pada dasarnya memiliki satu paket langganan (semua fitur, traffic tanpa batas) dengan beberapa pilihan harga, tergantung siklus tagihan – alias periode bayar di awal. Dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor utamanya, ada 2 hal positif yang perlu diperhatikan tentang biaya paket HideMyAss:

  • Harganya biasanya lebih murah – HMA jelas menawarkan harga langganan VPN di bawah rata-rata pasar. Artinya, untuk paket mana pun yang kamu pilih, kamu akan membayar sedikit lebih murah dibandingkan dengan paket serupa di penyedia besar lainnya, seperti ExpressVPN atau Astrill.
  • Ada diskon ekstra untuk paket langganan 3 tahun, yang sangat jarang dalam layanan VPN. Penghematan untuk paket ini sangat besar (lebih dari 60%) sehingga biaya akhir untuk 3 tahun hampir sama seperti biaya 2 tahun!

Kalau digabungkan, kedua hal ini memberikan penawaran yang menguntungkan dan menarik: lisensi 3 tahun seharga hampir sama dengan lisensi 2 tahun – dan lebih murah dari rata-rata penyedia VPN lainnya…

…”Tunggu, tunggu!” – kamu mungkin ingin berkata – “Bukankah tadi kita membahas tentang proxy gratis? Apa berarti ada versi HMA yang tidak dikenakan biaya?”

Masalah itu:

Proxy Web HMA Gratis

HMA membawa em… keledaimu… ke tingkat yang lebih tinggi saat mereka memperkenalkan layanan proxy web yang benar-benar gratis!

Cara kerjanya seperti ini. Kamu mengunjungi halaman proxy mereka (link di bawah ini), masuk ke website yang ingin kamu buka atau kunjungi secara anonim, lalu tekan tombol kuning besar “Agree & Connect”.

PROXY WEB GRATIS DARI HMA ›

Kamu bahkan bisa memilih beberapa server di seluruh dunia, yang terletak di beberapa negara di Amerika Utara dan Eropa. Untuk “fitur proxy” ekstra, kamu juga bisa memilih menu drop-down “More options” untuk menyembunyikan URL dan menonaktifkan semua cookie dan script di halaman tujuan:

HMA Web Proxy gratis

Tapi, pertanyaan besarnya: Apa bedanya antara proxy web dengan VPN? Apakah proxy web bisa menggantikan akun HMA?

Meskipun hasilnya mirip seperti “VPN di tab browser”, keduanya tidak sama. Untuk tahu alasannya, ayo kita lihat dulu apa itu proxy web:

Server proxy berperan sebagai penengah antara kamu dan website tujuan. Server ini mengirimkan permintaanmu seolah-olah permintaan itu berasal dari proxy itu sendiri, bukan darimu.

Meskipun cara ini memang menyembunyikan IP aslimu untuk satu permintaan web (mirip seperti VPN), ada beberapa perbedaan penting yang membuatnya tidak berguna untuk penerapan VPN tertentu:

  • Yang harus diperhatikan, server proxy tidak mengenkripsi koneksimu. Artinya, meskipun IP-mu tersembunyi, data yang dipertukarkan dengan halaman web tujuan masih bisa mengalami berbagai jenis serangan.
  • Proxy web tidak bisa digunakan di luar tab browser yang aktif. Artinya, kamu takkan bisa mendownload torrent dengan proxy web.
  • Karena gratis, kecepatan atau performa server proxy tidak dioptimalkan. Jadi, halaman yang kamu akses dengan proxy akan dimuat lebih lambat, dan kamu hampir tidak mungkin streaming video dengan kualitas bagus.
  • Karena aplikasi ini berbasis browser, proxy web HMA tidak bisa digunakan di perangkat selulermu – padahal sebagian besar traffic web berasal dari berbagai aplikasi.

Fiuh, ada banyak tapi, ya! Sepertinya, meskipun berguna untuk mengakses konten terbatas sesekali, proxy gratis dari HideMyAss masih jauh dari VPN yang sangat berguna dan aman.

Dan itu wajar – lagipula, kenapa sebuah perusahaan mau memberikan sarana gratis yang bisa menggantikan produk utamanya?! :)

Kembali ke produk utamanya, ada satu aspek penting lagi yang belum kita bahas, yaitu area hukum.

Di Balik Semuanya: HMA dan Privasimu

Di kebijakan privasi resmi dari HMA, kamu akan menemukan pernyataan berikut:

HMA privasi - log

Jadi, alamat IP-mu, yang bisa dilacak kembali padamu melalui ISP, disimpan sebagai bagian dari operasi bisnis normal HMA. Dan mereka menyatakan akan mengungkapkan informasimu apabila diminta oleh pihak berwenang:

HMA privasi - membagikan

Untuk HMA, ini bukan cuma omong-kosong tentang hukum: perusahaan di balik layanan ini, Privax Ltd, terdaftar di Kerajaan Inggris, negara dengan beberapa kuasa hak cipta paling besar dan riwayat kasus pengadilan terkait hak cipta yang menarget pengguna, bukan platform.

Sebenarnya, kemungkinan pihak berwenang meminta datamu dari HMA sangat kecil. Tapi, kalau mereka meminta datamu, Privax hampir pasti akan memberikannya, karena sebagai perusahaan UK, mereka harus mematuhi beberapa hukum yang paling ketat di sana.

Alasan lain yang meningkatkan risiko hukum kita adalah, pada tahun 2016, HideMyAss diakuisisi oleh Avast, pembuat software multinasional yang berpusat di Republik Cheska, UE.

Karena HMA kini hanyalah bagian kecil dari perusahaan raksasa yang menangani software antivirus, kecil kemungkinan mereka rela mempertaruhkan reputasinya atau mengambil risiko konfrontasi dengan pihak berwenang di pasarnya (yang hampir meliputi seluruh dunia).

Ini kutipan lain dari Kebijakan Privasi mereka – kali ini dari bagian 4 – yang memperjelas bahwa data pribadimu (yang mungkin dan mungkin tidak meliputi IP) bahkan bisa ditransfer ke grup Avast di yurisdiksi lain, di mana hukum yang berbeda akan berlaku:

HMA privasi - grup

Meskipun HMA jujur tentang kebijakannya, tim dukungan mereka sepertinya tidak mau memberikan klarifikasi lebih lanjut. Setelah menghabiskan 10 menit live chat dengan CS mereka, kami hanya berhasil mendapatkan link ke kebijakan privasi dan dorongan untuk membuat tiket dukungan.

Semua ini menunjukkan bahwa, bertentangan dengan namanya, HideMyAss sebenarnya tidak terlalu berhati-hati dalam menyembunyikan datamu, baik keledai, pantat keledai, maupun data pribadimu.

Apa ini berarti kamu harus jauh-jauh dari penyedia VPN ini?

Di bagian selanjutnya, kami akan menjabarkan evaluasi akhir kami untuk layanan VPN HideMyAss dengan meringkas semua kelebihan dan kekurangan utamanya.

Kelebihan dan Kekurangan HideMyAss

Oke, kita sudah hampir sampai ke kesimpulan akhir untuk HMA! Ini ringkasan lengkap tentang semua penemuan yang sudah kita bahas dalam review ini:

  • HMA memberikan tingkat privasi online yang lebih tinggi dengan merutekan traffic webmu via server-server khusus, memberikan samaran yang anonim di luar internet.
  • Koneksi webmu aman dengan teknik-teknik enkripsi yang canggih untuk menghilangkan risiko dihack atau pencurian data.
  • Harga langganan HideMyAss sedikit lebih murah dibandingkan dengan penyedia VPN besar lainnya. Semua pilihan paketnya mencakup semua fitur dan traffic tanpa batas.
  • Ada uji coba gratis 7 hari dengan fitur lengkap tanpa batas traffic. Setelah berlangganan versi berbayar, ada juga jaminan uang kembali 30 hari.
  • Yang terbaik, HMA menawarkan paket 3 tahun dengan diskon lebih dari 60% untuk biaya bulanannya. Artinya, biaya VPN 3 tahun hampir sama seperti biaya 2 tahun jika dibeli sekaligus di awal.
  • Antarmuka HMA sederhana tapi kuat, dengan beberapa mode penggunaan (“Instant”, “Location”, dan “Freedom”) untuk berbagai situasi dan kebutuhan.
  • 900+ server di lebih dari 200 lokasi (fisik dan virtual) yang mewakili setiap bagian negara. Setiap server dioptimalkan untuk tujuan umum, streaming, atau P2P.
  • Kecepatan koneksi lebih unggul dari banyak server lokal. Artinya, kamu takkan menyadari perbedaan kecepatan saat browsing dengan atau tanpa VPN, bahkan di ISP tercepat yang beroperasi di jaringan optik berkecepatan tinggi sekalipun.
  • VPN HideMyAss bisa digunakan di 5 perangkat sekaligus, termasuk smartphone dan komputer berbasis Linux.
  • Pengguna berpengalaman akan senang karena ada beberapa tambahan pengaturan, seperti IP shuffling, fitur kill switch, dan diagnostik real-time.
  • Dukungan pelanggan 24/7 dalam bahasamu. Cara tercepat untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaanmu adalah melalui live chat. Tapi, kamu juga bisa mengisi form kontak khusus di website resmi HMA agar dihubungi via email.
  • HMA juga menawarkan proxy web gratis yang berguna saat kamu cuma butuh mengakses satu website dari IP berbeda. Perhatikan! Proxy gratis tidak menggunakan enkripsi tingkat VPN.
  • HMA menyimpan alamat IP-mu, dan perusahaan yang mengoperasikannya terdaftar di UK serta dimiliki oleh perusahaan multinasional. Ini hampir menjamin bahwa datamu akan diberikan pada pihak berwenang setelah permintaan pertama dari pihak berwenang.
  • Banyak dari server HMA adalah server virtual, yang memberikan IP negara lain selagi terletak secara fisik di sedikit tempat, seperti Amerika Serikat, UK, dan Republik Cheska. Yang membuat perusahaan tidak terlalu bisa dipercaya adalah perusahaan tidak mengungkap mana lokasi yang nyata dan mana yang virtual.
  • Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan HMA setelah uji coba 7 hari, kamu cuma akan mendapatkan pilihan paket 1 tahun. Untuk menghindarinya, bacalah bagian Tips Pengujian dalam review ini.

BONUS: Kode Kupon Diskon 20% HMA

Sebelum kita melanjutkan ke kesimpulan akhir untuk HMA, ini bonusnya. Kami sudah menyiapkan kode diskon 20% yang bisa kamu gunakan untuk paket langganan 1 atau 12 bulan.

Entah kamu memutuskan untuk menggunakan VPN yang kita bahas dalam review ini atau tidak, tapi kita pasti senang mengetahui kode yang bisa menghemat banyak tanpa mengurangi kualitas layanan yang diterima, ‘kan?

Untuk memakai kode promo ini, ikuti langkah-langkah mudah ini sebelum atau setelah menggunakan uji coba gratis 7 hari. Seperti yang kita bahas sebelumnya, kamu sebaiknya membatalkan uji coba dulu, lalu membeli langganan baru. Karena kamu akan mendapatkan pilihan paket yang lebih banyak:

  1. Buka halaman paket resmi HideMyAss menggunakan link langsung di bawah ini – dan klik “Buy now” di bawah paket yang diinginkan:

    DAPATKAN DISKON 20% VPN HIDEMYASS ›

  2. Voila! Diskon akan secara otomatis digunakan di pembelianmu saat ini. Dengan kode ini, kamu bisa mendapatkan langganan 1 tahun seharga langganan 2 tahun.

Kalau kode promo di atas tidak bisa, tuliskan di bagian komentar di bawah ini. Kami akan senang membantu! Dan sekarang, inilah jawaban dari pertanyaan awal kita:

Haruskah Kamu Menggunakan HMA? Kesimpulan Kami + Pendapat Pengguna

Jadi, para pengguna yang peduli privasi dan keamanan, apa jawabannya? Haruskah kamu “bersembunyi” di balik HMA? Pertanyaan yang lebih dasar: apakah VPN benar-benar berguna?!

Jawabannya tidak sesederhana yang kita bayangkan (tapi tetap sederhana!). Ini dia:

Sebagai solusi keamanan, VPN HideMyAss menawarkan sarana yang sederhana tapi kuat, dengan enkripsi canggih sehingga koneksi web dan data sensitifmu selalu aman dari hacker dan jenis serangan lain.

Sebagai solusi pembuka blokir konten, HMA membuka dunia online sehingga kamu bisa mengakses website lain dari negara mana pun, dengan kecepatan yang hanya dibatasi oleh kecepatan koneksi internetmu sendiri. Tak ada lagi batasan negara untuk konten Netflix, YouTube, dan lainnya!

Tapi, sebagai solusi privasi, kami rasa kamu sebaiknya tidak percaya HMA: karena status hukum dan kebijakan data mereka. Mereka tidak punya level privasi sebaik yang kami harapkan dari suatu layanan VPN. Jadi, kalau kamu tertarik untuk menggunakan jaringan P2P seperti torrent, HideMyAss bukan solusi yang optimal.

Pada akhirnya, keputusanmu untuk membeli HMA atau tidak tergantung pada 3 jenis penggunaan yang paling penting untukmu.

Kalau kamu ingin mengakses konten yang dibatasi lokasi geografis dan merasa lebih aman saat browsing web, HideMyAss adalah salah satu VPN terbaik. Kamu bisa melihat bagian kode promo di atas untuk mendapatkan penawaran lebih baik di HMA.

Kalau kamu ingin mendapatkan semuanya – menikmati keamanan tambahan, kebebasan, DAN privasi, kamu sebaiknya mencari penyedia lain, seperti NordVPN.

DAPATKAN PENAWARAN NORD VPN TERBAIK ›

Selain menawarkan keamanan yang tak tertandingi, NordVPN dioperasikan oleh badan hukum yang terdaftar di Panama dan menyatakan secara tegas di Kebijakan Privasinya bahwa mereka tidak menyimpan IP.

NordVPN mengoperasikan lebih dari 5.000 server fisik di 50+ negara. Plus, paket 2 tahunnya sedikit lebih murah dan bisa digunakan sekaligus di 6 perangkat.

***
Bagaimana pengalamanmu dengan HideMyAss? Masih ragu atau punya pertanyaan tentang jaringan pribadi virtual secara umum? Tuliskan komentarmu di bagian diskusi di bawah ini. Tenang, kami takkan membagikan email atau alamat IP-mu. 😎

Pengungkapan afiliasi: Meskipun review kami selalu independen dan kami berusaha senetral mungkin, kami rasa penting untuk mengungkapkan bahwa beberapa hyperlink dalam artikel ini merupakan link afiliasi. Artinya, kami bisa mendapatkan komisi satu waktu untuk pembelian yang dilakukan melalui link-link itu – tanpa biaya tambahan untuk pembeli. Dengan kata lain, biaya penawaran tidak terpengaruh oleh link-link itu. Terima kasih atas pemahaman dan dukungan kalian!

Tidak menemukan yang kamu cari? Tanyakan apa saja pada kami!
🤓
Saya butuh informasi lebih lanjut tentang HideMyAss
🤨
Saya masih punya pertanyaan tentang HideMyAss
🤔
Saya tidak bisa menentukan apakah HideMyAss cocok untuk saya
🙄
Sesuatu yang lain...

Ayo diskusikan!

1 comment

Mahfud saputra

Mintak kode VPN hma