Judulnya menarik, ‘kan? Yah, judulnya bukan cuma untuk menarik perhatian. Ada beberapa fakta penting tentang 000Webhost (dan hosting gratis umumnya) yang perlu diketahui semua orang.

Dalam review ini, kami akan menggali lebih dalam dan bukan cuma berkata, “000Webhost gratis. Apalagi yang lebih bagus dari gratis?” – tapi, kami akan mengganti pertanyaannya dengan:

Kalau 000Webhost gratis, sedangkan sebagian besar penyedia hosting lain tidak gratis, apa kelemahannya? Apa yang kurang dibandingkan dengan layanan hosting berbayar?

Untuk mendapatkan jawabannya, kami akan memeriksa penawaran 000Webhost, riwayat, dan model bisnisnya. Di akhir review ini, kamu akan tahu apakah 000Webhost (juga disebut 00Webhost dan oooWebhost) layak digunakan untuk websitemu atau tidak, dan kalau layak, dalam situasi apa?

Sebelum kita mengulas habis-habisan subjek review kita, ayo pahami lebih dulu cara kerja hosting dan apakah hosting bisa benar-benar gratis atau tidak:

Cara Kerja Hosting (Gratis)

Setiap kali kamu mengunjungi website di internet atau menggunakan aplikasi di perangkat seluler, kamu sering mengirimkan permintaan (misalnya berupa klik) dan mendapatkan tanggapan (misalnya halaman baru dimuat). Dan, kamu berharap website atau aplikasi memberikan tanggapan kapan pun, setiap saat – dengan kata lain, kita terbiasa dengan fakta bahwa website bekerja begitu saja.

Tapi artinya, agar bisa diakses 24/7/365, website (yang sebenarnya hanyalah kumpulan file) harus dijalankan di komputer yang terus menyala dengan koneksi internet yang tidak terputus. Ini adalah tugas yang sulit untuk laptop biasa. Jadi, website menggunakan komputer khusus dan kuat, yang disebut server.

Server tidak murah – biayanya beragam antara $500 – $5000 atau lebih. Apalagi, karena bekerja nonstop, server menghabiskan banyak listrik, ditambah dengan fakta bahwa server membutuhkan pemeliharaan rutin oleh pakar yang berkualitas…

Mengerti maksud saya?

Kalau server butuh biaya, operasinya butuh uang, dan pemeliharannya butuh uang – siapa pun yang menawarkan hosting website gratis adalah dermawan dengan banyak uang atau punya sumber penghasilan lain untuk menutup pengeluarannya.

Ada dua cara populer untuk menutup pengeluaran:

  1. Memasang iklan di website yang dihost. Iklan bisa berupa promosi untuk perusahaan hosting itu sendiri atau spanduk pihak ketiga yang menutup biaya menjalankan server.
  2. Menawarkan upgrade berbayar dan layanan ekstra, selagi membatasi dengan ketat fitur-fitur yang tersedia untuk pengguna gratis.

Kalau dipikir-pikir, perusahaan hosting sebenarnya sering memaksimalkan batasan untuk keduanya. Cara pertama mengurangi biaya operasi mereka, dan cara kedua mendorong pengguna untuk melakukan upgrade.

Batasan apa yang dimaksud di sini?

  • Pertama, ada batasan bandwidth bulanan. Artinya, ada jumlah maksimal pengunjung yang bisa mengunjungi websitemu. Jelas, ini membatasi pertumbuhan pengunjung dan jenis konten yang bisa kamu gunakan – misalnya, hindari video dan gambar beresolusi tinggi.
  • Selanjutnya, ketersediaan lebih rendah. Artinya, penyedia hosting tidak menjamin servernya bisa bekerja 24/7/365, tapi sekitar 23/7/365. Singkatnya, websitemu akan offline sekitar 5% waktu. Misalnya, kamu bisa memeriksa ketersediaan 000Webhost dengan melihat bagian paling bawah halaman status mereka dan mencari data “30 hari terakhir”.
  • Websitemu tidak akan cepat. Berdasarkan penilaian kami, website ini tergolong cukup lambat, malah kadang sangat lambat. Masuk akal, karena penyedia hosting tidak punya alasan untuk menyediakan banyak resource server (memori dan daya komputasi) untuk akun gratis.
  • Dan yang terpenting, hosting gratis tidak memperbolehkan penggunaan alamat custom untuk websitemu (seperti website.id) – hanya sub-alamat dari nama domain spesifik dari penyedia hosting (misalnya website.000webhostapp.com).

Kenapa saya memberitahukan semua ini?

Karena itulah yang dilakukan 000Webhost, karena model bisnisnya mengandalkan iklan dan batasan untuk pengguna gratis. Jadi, kalau kamu berencana membuat website di 000Webhost, ketahui batasan-batasan dari penawaran gratisnya.

Bagaimana dengan upgrade berbayar yang kami sebutkan tadi? Nah, inilah yang menarik. Itulah yang membuat 000Webhost bisa membayar semua biaya server web. Ayo kita lihat apakah paket berbayar mereka layak dicoba atau tidak:

Paket Gratis dan Berbayar di 000Webhost

Dari website resmi mereka, kamu bisa melihat sebenarnya ada 3 paket hosting di 000Webhost. Salah satu paketnya benar-benar gratis. Dua paket lainnya punya lebih banyak fitur dan menghilangkan batasan-batasan dalam versi gratis:

Seperti yang bisa dilihat di kolom kiri, selain batasan-batasan yang sudah kami sebutkan tadi, ada ketentuan penting lainnya untuk paket Gratis –

  • Kamu tidak mendapatkan akses ke Auto-Installer, yang membantumu mengatur sistem manajemen website hanya dalam beberapa kali klik. Satu-satunya software yang bisa kamu instal secara otomatis dalam paket Gratis adalah WordPress. Tapi biasanya, itu sudah cukup untuk banyak pemula.
  • Kamu tidak mendapatkan dukungan khusus selain forum publik, di mana pengguna akun gratis yang kebingungan mengirimkan pertanyaan dan pengguna lain yang juga bingung mencoba menjawabnya.
  • Tidak ada akun email. Jadi, jangan harap kamu bisa berkomunikasi dengan pengunjung website atau calon mitra bisnis menggunakan alamat email profesional. Gmail tidak apa-apa, ‘kan?

Selain itu, tidak ada backup otomatis dan disk spacemu terbatas hingga 1 gigabyte. Tapi, ini tidak seserius beberapa hal yang disebutkan di atas dan empat hal lainnya (bandwidth, kecepatan, ketersediaan, dan domain) yang kita bahas di bagian sebelumnya.

Paket hosting berbayar menghilangkan beberapa atau semua batasan ini sekaligus memberikan garansi uang kembali 30 hari. Paket Premium menawarkan resource server lebih besar, akun email pribadi, dukungan live, dan garansi uptime 99,9% untuk mencegah situasi-situasi ini memengaruhi websitemu:

Untuk paket Bisnis, kamu mendapatkan resource yang jauh lebih besar untuk akun, sehingga websitemu dimuat lebih cepat. Dan, kamu bisa mendaftarkan nama domain custom sendiri gratis – bukan website.000webhostapp.com, tapi pengunjungmu bisa mengetik website.id ke kolom alamat browser dan mengunjungi websitemu.

Ada satu hal penting yang harus diketahui tentang paket berbayar 000Webhost: paket ini sebenarnya disediakan oleh perusahaan lain. Hostinger, penyedia hosting profesional yang dibawahi oleh grup bisnis yang sama, adalah penyedia akunmu setelah upgrade ke paket berbayar di 000Webhost. Kenapa ini penting? Karena –

Pelanggaran Keamanan 2015

Catatan pribadi dari hampir 13,5 juta klien 000Webhost telah tersebar pada Maret 2015, saat hacker mendapatkan akses ke database penyedia hosting ini melalui kerentanan kode. Nama, detail akun, alamat IP, dan kata sandi telah dicuri dan tersedia di forum black market.

Ada resource web kecil yang bagus bernama “Have I Been Pwned?”, yang mengumpulkan data tentang pelanggaran keamanan dalam web. Kamu bisa memasukkan email ke kolom dan mengecek apakah layanan online yang kamu gunakan dengan email itu pernah diretas.

Ironisnya, “Have I Been Pwned?” menunjukkan bahwa alamat email pribadi utama saya sebenarnya pernah tersebar dalam pelanggaran 000Webhost, bersama dengan jutaan pemilik website lainnya:

Penyelidikan dan analisis lebih lanjut oleh para pakar keamanan setelah kejadian itu mengungkapkan beberapa praktik 000Webhost yang mungkin tidak aman, termasuk:

  • Menggunakan koneksi tidak terenkripsi untuk halaman login client. Artinya, siapa pun dengan kemampuan memadai bisa menghadang data pengguna penting.
  • Menjalankan forum dukungan dengan versi software vBulletin (3.8.2) yang lama dan sudah tidak update 6 tahun pada tahun 2015! Versi stabilnya saat itu adalah 5.1.9.
  • Tidak menggunakan validasi email. Artinya, siapa pun bisa mendaftarkan akun dengan email apa pun, meskipun akun itu bukan milik mereka.

Tentu saja, 000Webhost meminta maaf dan mengambil tindakan. Malahan, 000Webhost memperbaiki semua masalah di atas dengan cepat. Jadi, memang 000Webhost sebenarnya lebih aman sekarang dibandingkan beberapa tahun yang lalu, terutama karena pelanggaran itu.

Tapi, perlu diingat bahwa penyedia hosting gratis masih tidak punya alasan untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi – karena, kalau kamu mendapatkan sesuatu secara gratis, kamu tidak bisa mengeluh jika layanannya tidak bekerja atau performanya buruk. Singkatnya, mereka tidak wajib memberikan sesuatu padamu kalau kamu tidak membayar apa pun :)

Apa artinya penyedia hosting berbayar pasti lebih aman? Biasanya, ya: dengan logika yang sama seperti di atas. Kalau kamu menarik biaya untuk layanan, kamu harus menjamin kualitas yang memadai – kalau tidak, klienmu akan pergi, dan reputasi burukmu tidak akan tergantikan dengan reputasi baru.

Jadi, tidak ada “hukum alam” yang mencegah penyedia hosting gratis untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dan aman. Tapi, ada alasan ekonomi yang wajar dan sangat mendorong mereka untuk tidak melakukannya. Dalam situasi tidak pasti seperti ini, cara pasti untuk mengetahui apakah suatu hosting gratis bagus atau tidak adalah dengan mencobanya sendiri.

Itulah yang kami lakukan di Satori Webmaster Academy.

Malahan, dengan cukup rinci.

Jadi, di bagian selanjutnya dalam panduan ini, kami akan membahas kesan pribadi kami setelah menggunakan 000Webhost. Inilah dasar untuk kesimpulan akhir: apakah kamu sebaiknya memilih 000Webhost untuk proyek onlinemu atau tidak.

000Webhost: Kesan Kami

Kesan pertama tentang 000Webhost adalah mudah sekali digunakan. Semua prosesnya, membuat akun dan menginstal WordPress cuma butuh beberapa kali klik dan maksimal 2 menit. Prosedurnya juga lebih lancar dari web hosting lainnya, seperti Niagahoster.

Memang ada banyak spanduk dan pesan yang membujukmu untuk upgrade ke paket hosting yang lebih baik, tapi tidak ada yang memaksamu melakukannya (selain fakta bahwa alamat websitemu kelihatan jelek).

Kecepatan website 000Webhost tidak tinggi, tapi lumayan: untuk menginstal WordPress baru dengan tema Bento ringan kami, waktu muatnya lebih dari 6 detik, dua kali lebih tinggi dari rekomendasi nilai Google – tapi hei, jangan lupa kalau semuanya gratis!

Perlu diingat juga, ada iklan 000Webhost di bagian bawah websitemu. Tidak hanya menutupi sebagian footer, kadang gambar spanduk juga gagal dimuat. Jadi, ada link teks yang cukup jelek dengan placeholder “gambar tidak dimuat”:

Saat kamu mulai merasa hosting gratis cukup membantu, datanglah batasan traffic web. Setiap akun punya batasan 500 permintaan per menit. Jangan salah arti dengan pengunjung per menit. Permintaan hanyalah interaksi tunggal (seperti mengakses file) saat memuat halaman web. Jadi, satu halaman biasanya butuh sekitar 30-100 permintaan.

Artinya, saat pengunjung datang ke websitemu dan melihat tiga halaman, ada sekitar 150 permintaan. Jadi, batas yang kami sebutkan di atas benar-benar cuma 5-10 page view per menit.

Saya bisa melampaui batas permintaan/menit dengan mudah cuma dengan membuka website di beberapa perangkat bersamaan. Setelah mendekati dan melewati “zona bahaya”, waktu muat website menjadi lambat dan semakin melambat, hingga membuat kesal.

Saat membahas batasan, ada satu parameter lagi yang harus diperhatikan: jumlah inode maksimal yang diperbolehkan. Saat ini, kami tidak akan membahas detail tentang inode. Intinya, jumlah inode kurang lebih berhubungan dengan jumlah file dan directory di disk.

Artinya, kalau kamu menjalankan website di WordPress, setiap plugin baru yang diinstal dan setiap gambar baru yang diupload akan dihitung dalam batasan inode.

Mungkin agak tidak masuk akal, tapi perhatikan bahwa inti WordPress (seperti instalasi baru tanpa plugin sama sekali) butuh sekitar 20% dari alokasi inodemu di 000Webhost.

Kamu harus menginstal lebih dari satu plugin WP untuk menghabiskan batas 20.000 inode, tapi mudah sekali menghabiskannya. Sebagai perbandingan, paket hosting termurah di GoDaddy memberikan hingga 250.000 inode.

Terakhir, masalah website yang akan offline sesekali. 000Webhost jujur mengatakan bahwa layanan mereka tidak punya angka uptime umum yang diharapkan dari penyedia hosting (99,9%). Berdasarkan halaman status layanan mereka, statistik rata-rata 30 hari adalah sekitar 99%:

Perbedaan 0,9% sepertinya tidak penting, tapi itu berarti ada selisih offline sekitar 40 menit – dan 7 jam dalam sebulan! Meskipun ini bukan masalah besar kalau kamu masih mengerjakan website (beberapa waktu offline terjadi di malam hari), breakdown berulang kali membuat pengunjung tidak suka (atau percaya) dengan websitemu.

Kalau kamu mengalami glitch, tidak ada dukungan real time di 000Webhost – dan ini wajar karena staf dukungan juga butuh dibayar, sesuatu yang tidak diberikan oleh produk gratis.

Meskipun begitu, ada forum dukungan online gratis di mana pengguna bisa bertanya dan meminta bantuan, kebanyakan dari pengguna 000Webhost lain. Waktu balasan bisa beragam, tapi jangan harap masalahmu bisa selesai dalam kurang dari seminggu.

Kabar baiknya, semua thread forum sebelumnya bisa diakses secara gratis oleh publik. Jadi, kalau kamu butuh solusi cepat dan masalahnya standar, kamu mungkin bisa mencari diskusi sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan 000Webhost

Setelah menjajal 000Webhost dari semua aspek, ayo kita rangkum kelebihan dan kekurangannya untuk memberikan penilaian akhir:

  • Gratis digunakan semua orang. Kamu bahkan bisa membuat lebih dari satu akun kalau punya beberapa alamat email (tapi jangan kaget kalau beberapa tahun kemudian, kamu akan mendapatkan banyak spam di email).
  • Proses pendaftaran benar-benar mudah dan cepat. Kamu bisa menyesuaikan website WordPress pertama dalam hitungan menit, berkat installer otomatis bawaannya.
  • Ada panel kontrol hosting yang sangat bagus, dan meskipun tidak profesional, hampir semua yang kamu butuhkan ada di sana, termasuk manajer file dan database serta pengaturan lain seperti redirect, kotak email, dan fitur keamanan dasar.
  • Kecepatan muat halaman bukan sesuatu yang bisa dibanggakan, tapi masih oke, terutama untuk hosting gratis. Selama kamu tidak punya lebih dari 50-100 pengunjung per hari, tidak perlu khawatir dengan overload kapasitas traffic.
  • Oh, apa kami sudah menyebutkan gratis?!
  • Satu-satunya pilihan untuk alamat websitemu adalah sub-domain seperti https://site.000webhostapp.com – kurang dipercaya dan sulit diingat oleh pengunjung.
  • Ada iklan 000Webhost di bagian bawah websitemu, yang kadang menyebabkan malfungsi dan menampilkan ikon “gambar rusak”.
  • Batasan 500 permintaan per menit jelas membatasi pengunjung website menjadi 2-3 orang dalam waktu yang sama. Setelah batas ini terlampaui, kecepatan muat halaman menurun drastis, dan website mungkin tidak bisa diakses untuk sementara waktu.
  • Berdasarkan data uptime rata-rata, websitemu diperkirakan akan offline selama beberapa jam dalam seminggu. Kalau kamu beruntung, waktu offline adalah malam hari.
  • Cukup mudah menghabiskan jumlah file maksimal yang diperbolehkan dalam penyimpanan, meskipun cuma dengan website WordPress dan beberapa plugin WP populer seperti Jetpack.
  • Satu-satunya pilihan dukungan pelanggan adalah forum, di mana kamu bisa mengirim pertanyaan dan menunggu pengguna 000Webhost lainnya membantumu. Email, telepon, atau live chat tidak tersedia untuk paket gratis.

Kesimpulan Kami: Apakah 000Webhost Layak Digunakan?

Mungkin kamu menyadari jumlah + dan – di bagian sebelumnya hampir sama. Artinya, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan kita, itukah maksudnya?

Yah, bukan! Sebenarnya, ada situasi di mana menggunakan 000Webhost mungkin adalah ide yang bagus – yaitu saat kamu baru mulai membuat website pertama. Memang, mengeluarkan banyak uang di awal cuma untuk mengetes ide tidaklah masuk akal.

Jadi, daripada membeli hosting profesional yang bagus, kamu bisa mulai dengan paket gratis di 000Webhost. Manfaatkan waktu untuk mengembangkan websitemu dan mengenalkannya pada pengunjung pertama, lalu lihatlah hasilnya:

Setelah menguji ide dan siap menekuni proyek onlinemu, lakukan upgrade ke paket berbayar dan dapatkan nama domain yang bagus dan unik. Pengunjungmu tidak akan menganggap serius alamat seperti mywebsite.000webhostapp.com dan iklan rusak di footer website.

Kabar baiknya, hosting web berkualitas tinggi tidak harus mahal. Kalau kamu memilih upgrade paling dasar di 000Webhost (setara dengan paket Single di Hostinger, mitra hosting berbayarnya), kamu akan mendapatkan semua manfaat penyedia hosting profesional tanpa kekurangan yang ada di paket gratis 000Webhost.

Kamu bahkan bisa memilih pembayaran setiap tiga bulan sekali, dan bukan per tahun, sehingga biaya awalnya tidak terlalu terasa.

Kalau kamu memutuskan untuk upgrade atau tertarik untuk mencoba Hostinger sekarang, jangan lupa baca panduan kami untuk mendapatkan diskon 15% untuk paket hostingnya (yang sudah murah):

Dapatkan Diskon 15% di Hostinger

Ngomong-ngomong, bagaimana pengalamanmu dengan 000Webhost? Atau mungkin, kamu masih belum yakin harus mencobanya untuk websitemu atau tidak? Yuk, berikan komentarmu di bawah ini dan berdiskusi!

Ayo diskusikan!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.