Kalau kamu membaca ini, berarti kamu lagi mempertimbangkan apakah kamu bakal pakai akun hosting Niagahoster (kadang ditulis Niaga Hoster). Mungkin kamu sudah pernah dengar pendapat baik (atau buruk) tentang Niagahoster, tapi ada banyak hosting provider lain yang susah banget untuk dijadikan pilihan!

Ini bukan lagi ngomongin soal paket hosting mana yang sebaiknya dipilih (Niagahoster menawarkan 4 paket hosting) dan layanan tambahan apa yang sebaiknya di beli kalau kamu pengen punya website yang stabil dan efektif.

Inilah alasan kami ngasih petunjuk ini.

Lebih dari 9 tahun yang lalu, tim kami sudah mencoba berbagai macam penyedia layanan hosting, termasuk Niagahoster, agar bisa bedain yang mana yang layak dibeli. Di akhir review ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut sekaligus:

  • 🏆APAKAH NIAGAHOSTER LEBIH BAIK dari perusahaan hosting lain?
  • 👉PAKET HOSTING MANA yang seharusnya kamu pilih?
  • 🔍APA BEDANYA shared hosting dan VPS?
  • 🔨WEBSITE BUILDER – apakah kamu harus menggunakannya?

Sebagai bonus tambahan, di akhir halaman ini saya akan bagikan cara rahasia untuk menghemat 50% (yep, setengahnya!) pada pemesanan Niagahoster, jika kamu mendaftar di akun mereka. Kita bakal gunakan kode prome ekslusif.

Tapi kami ingin memahami dahulu faktor-faktor utama yang mempengaruhi kualitas hosting dan menetukan apakan Niagahost betul-betul bereputasi:

Kualitas Hosting dan Mengapa Itu Penting

Kalau melihat sekilas, semua hosting providers sama saja dan menawarkan layanan yang sama. Yang membuatnya lebih baik dari yang lainnya adalah hal yang tak terlihat: perangkat keras, perangkat lunak dan dukungan yang kamu dapatkan

Coba kita lihat “bagian dalamnya”. Anggap saja Niagahoster itu sebuah Ferari atau seperti Opel.

Pertama-tama, tanyakan yg mendasar dulu: apa itu hosting? Untuk menjawabnya, kita butuh pengenalan tentang konsep server:

Server merupakan komputer khusus yang dikelola oleh perusahaan hosting. Server menyimpan situs web kamu dan menunjukkannya kepada siapa saja yang ingin mengunjungi alamat webmu, setiap saat.

Sederhananya, hosting hanyalah kumpulan server! Artinya, untuk memahami apakah perusahaan hosting baik atau buruk, kita perlu melihat kualitas server dan infrastruktur lainnya.

Penelitian kami menunjukkan bahwa Niagahoster adalah salah satu yang pertama di Indonesia yang menawarkan server datacenter Tier-4 kepada penggunanya. Sebelumnya, perangkat keras seperti itu hanya tersedia untuk perusahaan besar dan layanan web populer, tetapi berkat Niagahoster, hal tersebut jadi terjangkau bagi orang biasa seperti kamu dan saya.

Mungkin kamu bingung, apa itu datacenter Tier-4?

Nama ini sendiri berasal dari standar internasional yang dikembangkan oleh Uptime Institute di Amerika Serikat: semua datacenter dibagi dalam empat tingkatan (4 tiers) berdasarkan kualitasnya, dan peringkat ke-4 merupakan tingkat yang paling aman dan efisien.

Selain jargon teknis, perbedaan utama antara Tier-4 dan yang berperingkat rendah adalah redudansi yang lengkap. Artinya, semua sistem dan jaringan memiliki duplikat cadangan, sehingga semuanya tetap berfungsi bahkan saat semua komponen aktif tidak berfungsi.

Awalnya emang kedengaran agak berlebihan ketika kamu mempertimbangkannya.

Berkat infrastrukturnya yang canggih, Niagahoster menjamin 99,9% waktu operasional kepada penggunanya, artinya perusahaan secara resmi berkewajiban menjaga situs webmu paling tidak 99,9%.

Waktu operasional Niagahoster yang sebenarnya bahkan hampir 99,999%. Tinggi banget, kan? Angka ini menyiratkan bahwa selama setahun, situs web kamu gak bakal tidak tersedia lebih dari 5,3 menit!

Ini cukup baik loh, bahkan oleh standar perusahaan multinasional besar- tersedia bagi siapa saja dengan harga yang lebih murah dari harga di Niagahoster.

Gimana Niagahoster bisa menawarkan kualitas sebaik itu dengan harga murah? Jawabannya sederhana:

Karena, ini perusahaan hosting terbesar di Indonesia, yang memungkinkannya meningkatkan operasi namun tetap menghasilkan untung, sementara yang lain bisa bangkrut dengan cepat.

Selain kualitas datacenternya, server individualnya juga mesti diperhatikan. Setiap server Niagahoster sendiri merupakan mesin IIX (Indonesia Internet eXchange) berkekuatan atau RAM 32Gb dan kecepatan jaringan 1Gbps. Wow, Kuat bangeettt!

Setiap server juga dilindungi oleh BitNinja – sistem keamanan all-in-one terhadap spam dan serangan jahat, yang bermarkas di Eropa.

Kombinasi kekuatan, keamanan dan harga yang kompetitif membuat Niagahoster sangat menarik – dan sudah membantu banyak perusahan serta jutaan pengguna sejak dimulai di tahun 2013, dan menjadi hosting provider nomor satu di Indonesia.

Setelah tingkat kualitasnya, yuk sekarang kita bahas penawaran dari NiagaHoster dan menentukan pilihan paket yang tepat:

Lebih dekat dengan Penawaran Niagahoster: Pilih Paket yang Mana?

Pada dasarnya ada dua jenis hosting yang ditawarkan Niagahoster – shared hosting (hosting berbagi) dan cloud VPS (hosting pribadi virtual), masing-masing dengan kemungkinan konfigurasi yang menentukan harga akhir.

Sebelum melanjutkan, kita mesti paham terlebih dulu bedanya shared hosting dan VPS. Yuk, kita ingat lagi bahwa hosting disediakan di server – komputer yang kuat dan selalu aktif yang dioptimalkan untuk menyimpan dan melayani situs web kepada publik.

Ada banyak cara agar sebuah hosting bisa dikonfigurasi- dari sinilah asalnya jenis-jenis hosting tersebut. Tabel berikut kami buat untuk merangkum fitur-fitur pembeda shared dan VPN hosting:

Hosting standar (shared) Cloud VPS hosting
Kemudahan penggunaan Mudah untuk pemula Memerlukan pengetahuan teknis
Fleksibilitas Beberapa konfigurasi tetap Sangat fleksibel- dapat mengubah detail apapun, kapan saja
Alokasi sumber daya Setiap server dibagikan oleh banyak situs web Alokasi sumber daya terjamin di beberapa server
Tingkat harga Rendah-menengah Menengah-tinggi

Kalau kita gunakan analogi perumahan, shared hosting itu ibarat sebuah apartemen yang dihuni beberapa orang- agak ramai, kadang kamar mandinya dipakai lama banget, tapi yah sewanya lebih murah!

Nah, sementara VPS hosting itu ibarat kamu punya “gold member” di sebuah hotel mewah: kamu punya kamar suite pribadi, bisa bergerak bebas ke seluruh ruangan, bahkan bisa ke cabang lain hotelnya. Tapi, harganya pasti jauh lebih mahal, dan kamu perlu pengetahuan teknis.

Nah, di sini jelas bahwa shared hosting itu cocok buat pemula yang baru mau coba-coba proyek online tanpa harus bayar mahal. Sebuah server pribadi virtual itu bagus banget untuk para developers dan programmers yang paham apa yang mereka kerjakan :)

Dari penjelasan ini, yuk kita liat paket-paket yang tersedia untuk shared hosting yang layak kamu pilih:

Niagahoster menawarkan empat paket untuk pelanggan shared hosting, yang dibedakan berdasarkan sumber daya komputasi yang ada dan fitur lainnya. Untuk mempermudah, kita lihat perbedaan yang paling penting saja:

  • Paket paling murah disebut Bayi; tidak termasuk pendaftaran domain (bayarnya terpisah sekitar Rp. 110.000/tahun). Paket ini juga membatasi jumlah akun email yaitu hanya 1 saja dan kapasitas storage untuk file website kamu hanya 500Mb.
  • Paket Pelajar termasuk nama domain gratis serta ruang disk dan akun email tanpa batas (unlimited). Kalau kamu ingin meng-hosting lebih dari satu proyek online di kemudian hari, kamu boleh menambahkan domain (dengan biaya tambahan).
  • Paket Personal sama seperti paket Pelajar, dilengkapi tambahan proteksi spam otomatis plus nama server pribadi, yang bisa digunakan untuk beralih ke hosting lain di kemudian hari (lebih fleksibel untuk proyek online kamu)
  • Paket Bisnis sangat mirip dengan paket Personal, hanya satu perbedaan utamanya: IP address pribadi yang berguna untuk menjalankan website besar. Tapi, dalam banyak kasus, tambahan biayanya biasanya tidak sepadan.

Paket Pelajar dan Personal di Niagahoster saat ini menawarkan kombinasi kekuatan dan keterjangkauan terbaik. Kami merekomendasikan ini bagi individu dan bisnis kecil yang ingin membuat situs mereka sendiri.

Walaupun paket Personal lebih mahal daripada paket Pelajar, di akhir kami akan bagikan cara rahasia mendapatkan paket Personal dengan harga yang hampir sama dengan Pelajar, yaitu dengan diskon besar.

Tapi sebelumnya, kami akan rangkumkan manfaat dan kerugian menggunakan Niagahoster dan memutuskan: apakah harganya sepadan?

Pro dan Kontra Niagahoster

Berikut adalah kumpulan pengalaman pribadi kami dengan Niagahost, setelah pengujian dan penelitian terperinci. Kami bakal bagikan buat kamu agar kamu dapat membuat keutusan yang tepat:

  • Server Niagahoster berada di datacenter berbasis Indonesia, yang berarti kecepatan loading extra untuk website kamu (dibandingkan dengan hosting US atau Eropa),
  • Stabilitas layanan tinggi (lebih dari 99,9%) dijamin oleh peralatan canggih yang digunakan oleh Niagahoster serta langkah-langkah anti-gagal khusus yang dipelihara di datacenternya.
  • Gratis 2 domain pada pembelian hosting Personal dan Bisnis, hemat biaya pendaftaran domain (biasanya sekitar Rp. 110.000/domain)
  • Gratis pengamanan SLL selamanya melalui Let’s Encrypt, untuk paket shared hosting. Kamu juga bisa membeli sertifikat SSL grade-enterprise oleh Comodo dengan biaya tambahan.
  • Setup yang mudah untuk akun hostingmu dan pemasangan WordPress yang cepat dari panel admin hostingmu
  • Admin panel yang kuat yang disediakan oleh cPanel, system managemen hosting yang paling banyak digunakan di dunia.
  • Cadangan instan dari seluruh akun hostingmu untuk keamanan tambahan – Ini biar kamu selalu punya salinan data supaya bisa dipulihkan kalau hal buruk terjadi.
  • Basis pengetahuan yang luas dengan panduan terperinci tentang setiap aspek hosting – dari pengaturan awal untuk pemula hingga manajemen VPS buat developer profesional.
  • Dukungan yang ramah dan cepat via live chat, email, formulir kontak atau telepon. Tim Niagahoster merespon dan menangani masalah dengan cepat.
  • Pembuat situs web yang biasa-biasa saja dengan pilihan tema yang ketinggalan jaman. Kami rekomendasi buat install WordPress dan menggunakan salah satu dari ribuan template gratis yang tersedia di repositori resmi WP, seperti tema Bento yang multi-fungsi

BONUS: Kode Promo Rahasia Niagahoster Potongan 50%

Oke, karena dari awal kami sudah sebutkan bahwa Niagahoster emang layak dipertimbangkan sebagai penyedia hosting utamamu, disini kami akan berikan kode diskon ekslusif 50% untuk paket Personal dan Bisnis. 50% termasuk diskon yang sudah disediakan oleh Niagahost sendiri. Kita mulai, ya!

  1. Kunjungi website Niagahoster yang resmi dengan meng-klik tombol merah dibawah ini. Websitenya bakal terbuka di new browser jadi kamu masih bisa ikuti petunjuk ini.

    -50% Niagahoster Promo ›

  2. Scroll ke bawah di website Niagahoster pada tabel paket-paket hosting. Klik “Pilih sekarang” pada paket “Personal” atau “Bisnis” (kami merekomendasikan “Personal” karena lebih murah tapi tetap berisi fitur-fitur penting)
  3. Pada halaman berikutnya, pilih durasi paket hosting (kami rekomendasikan 1 tahun, tapi kamu juga bisa pakai yang 6 bulan kalau kamu rasa itu cukup). Lalu, klik “selanjutnya”.
  4. Kamu dapat domain gratis dengan paket ini! Di halaman berikutnya, pilih nama domain dan ekstensien yg diinginkan lalu klik “tambahkan ke keranjang”. Kamu bisa mendaftarkan domain kedua (kamu bisa membuat nama yang sama dengan ekstensien co.id dan .online untuk mengamankan brand-mu), atau lewati langkah ini.
  5. Klik pada tombol untuk membuat akun baru, dan kamu bakal diarahkan ke halaman checkout dimana kode promo bisa dipakai.
  6. Scroll sampai ke bagian bawah halaman cekout sampai kamu melihat bagian “Kode Promo”. Masukkan kode berikut ke dalam kotak lalu klik tombol abu-abu “Gunakan” dua kali (ini penting):

    SALE50
  7. Setelah meng-klik dua kali, harga pembelianmu akan berubah yang ditampilkan di sebelah kanan halaman:

  8. Selamat! Kamu baru saja menghemat pembelian Niagahostermu! Sekarang kamu bisa mengisi informasi yang dibutuhkan untuk proses cekout dan melakukan pembayaran.

Kesimpulan Kami/ Yuk, Bahas Niagahoster!

Kesimpulannya, penelitian dan tes kami menunjukkan bahwa Niaga Hoster memang (kalau bukan yang terbaik) salah satu perusahaan hosting terbaik di Indonesia. Ini diraih karena penggunaan datacenter Tier-4 disertai kualitas infrastruktur yang top, berlokasi di Indonesia bukan di laur negeri.

Tambahkan ke perangkat lunak tingkat profesional ini, dukungan cepat, serta harga yang sangat wajar (plus kode diskon eksklusif kami 😉) – kamu udah dapatkan layanan hosting premium dengan biaya minim.

Masih punya pertanyaan mengenai Niagahoster? Atau kamu pengen berbagi pengalamanmu dengan perusahaan ini? Apapun itu, kamu boleh gabung dalam diskusi pada bagian komen di bawah.

Ayo diskusikan!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.